Paripurna DPR Dihadiri 45 Anggota Dewan, 297 Orang Lewat Virtual

Senin, 30 Maret 2020 15:28 Reporter : Ahda Bayhaqi
Paripurna DPR Dihadiri 45 Anggota Dewan, 297 Orang Lewat Virtual Paripurna Pengganti Komisioner KPU. ©2020 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat paripurna pembukaan masa sidang III tahun 2019-2020 pada Senin (30/3) pukul 14.00 WIB. Rapat digelar tak seperti biasanya. Di tengah pandemi Corona, rapat paripurna harus mengikuti protokol social distancing atau jaga jarak.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPR Puan Maharani yang turut didampingi Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Azis Syamsudin dan Muhaimin Iskandar. Tak semua anggota dewan hadir secara fisik.

"Yang hadir 45 orang fisik, 297 virtual," ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam rapat paripurna.

Pantauan di ruang rapat, anggota dewan yang hadir kebanyakan menggunakan masker. Ada juga yang tidak memakai. Biasanya, para anggota dewan duduk berdekatan saat rapat paripurna.

1 dari 1 halaman

Namun, mereka memberikan jarak duduk beda satu sampai tiga kursi. Ditambah, tiap meja hanya diisi maksimal dua anggota dewan. Sebaran tempat duduk juga terisi dari depan hingga bagian belakang. Malah membuat rapat terlihat lebih kosong dibanding biasanya.

Agenda rapat paripurna ini adalah membuka masa sidang III tahun 2019-2020. Ketua DPR Puan Maharani membacakan pidato pembukaan masa sidang.

Selain itu, juga diambil keputusan terhadap Laporan Komisi XI DPR RI mengenai hasil fit and proper test terhadap tiga Kantor Akuntan Publik (KAP) yang dilanjutkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Kementerian Keuangan. Ketua Komisi XI tidak membacakan laporan dan langsung diketuk persetujuan.

Setelah agenda rapat paripurna selesai, Puan tadinya tak ingin ada interupsi oleh anggota dewan seperti biasanya. Setelah diskusi, Puan akhirnya memutuskan untuk memberikan kesempatan interupsi kepada perwakilan satu orang dari sembilan fraksi di DPR. [rnd]

Baca juga:
DPR Bahas Opsi Penundaan Pilkada 2020 Siang Ini
Buka Masa Sidang, DPR Fokus Penanganan Corona
Persiapan Sidang Paripurna, Gedung Nusantara Disemprot Disinfektan
KPU dan DPR akan Rapat Bahas Nasib Pilkada Serentak di Tengah Pandemi Corona
Anggota DPR Minta RS Tidak Lambat Tangani Pasien Corona
DPR Desak Pemerintah Kaji Pemanfaatan Dana Desa untuk Antisipasi Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini