Para Politikus 'Penentang' SBY di Demokrat

Jumat, 5 Juli 2019 05:33 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Para Politikus 'Penentang' SBY di Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. © richestlifestyle.com

Merdeka.com - Posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Demokrat mulai digoyang. Beberapa politikus senior Demokrat mengkritik kepemimpinan SBY. Hal ini disebabkan oleh perolehan suara partai berlambang Mercy itu di Pemilu 2019 mengalami penurunan. Dengan perolehan 7,77 persen posisi Demokrat berada di bawah Gerindra.

Padahal pada 2014 lalu, Demokrat mendapat 10,19 persen suara. Karena hal itu senior Demokrat menyalahkan dan mengkritik SBY. Berikut ini para politikus Demokrat yang menentang SBY:

2 dari 4 halaman

Hengky Luntungan Anggap SBY Gagal Jadi Ketum Demokrat

anggap sby gagal jadi ketum demokrat rev1

Posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai gagal menjadi pemimpin Partai Demokrat. SBY dianggap menjalankan roda kepartaian secara monolog, tanpa mempertimbangkan beberapa masukan dari kader-kader partai.

Pendiri Partai Demokrat, Hengky Luntungan mengatakan selama dua periode SBY menjabat sebagai Ketua Umum yakni 2014 dan 2019, perolehan suara partai terus merosot. Pada 2014, ungkap Hengky, sedianya Partai Demokrat menargetkan perolehan suara 20,40 persen, namun anjlok dan hanya meraih suara 10,19 persen. Di periode kedua, 2019, Demokrat kembali anjlok lebih dalam dari 10,19 menjadi 7,77 persen.

"SBY gagal selama menjadi Ketua Umum Partai Demokrat dalam dua periode pemilu," kata Hengky, di Jakarta, Selasa (2/7).

3 dari 4 halaman

Max Sopacua Usul SBY Diganti

usul sby diganti rev1

Selain Hengky Luntungan, pendiri Partai Demokrat lain yang mengkritik kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ialah Max Sopacua. Max ingin SBY diganti sebagai ketua umum partai berlambang Mercy itu.

Dia mengusulkan Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono yang menggantikan SBY. Dengan menggelar Kongres Luar Biasa, AHY dianggap bisa menggeser SBY dari kursi ketua umum.

"KLB kita tidak susah-susah, Pak SBY tinggal minta AHY untuk memimpin partai ini," kata Max.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Demokrat

rev1

Pendiri Demokrat beramai-ramai mengkritik kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Partai Demokrat menanggapi santai kritikan itu. Demokrat menilai apapun yang dikatakan para politisi itu hanya percuma. Sebab mereka tidak mempunyai hak suara.

Adapun yang memiliki hak suara dalam kepartaian berdasarkan AD/ART yakni DPD hingga DPC.

"Ya kami sudah mendengar itu dan saya harus menyatakan mereka ini orang-orang tak punya hak suara untuk mengevaluasi kepemimpinan Ketua Umum Pak SBY. Mereka ini menggunakan dan memperalat nama Forum Pendiri partai sementara di mana-mana pendiri partai itu tak punya hak suara," kata Ketua Divisi Komunikasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, di Jakarta, Selasa (2/7). [has]

Baca juga:
Sekjen Demokrat: Tudingan FKPD Soal Kogasma Ilegal Keliru dan Tidak Berdasar
Hinca Pastikan Demokrat Tak Akan Gelar Kongres Luar Biasa untuk Turunkan SBY
Sengketa Hasil Pileg, PKB dan Demokrat Lengkapi Bukti ke MK
Pendiri Demokrat: SBY Menganut Sistem Partai Dinasti
SBY Dianggap Gagal, Pendiri Demokrat Desak Segera Gelar KLB
Temui SBY di Cikeas, Cak Imin Hanya Silaturahmi dan Bincang Santai

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini