Pantau hasil Pilgub, KPU Jateng adakan hitung cepat

Senin, 25 Juni 2018 20:07 Reporter : Dian Ade Permana
Pantau hasil Pilgub, KPU Jateng adakan hitung cepat Pemungutan suara pilpres di Benhil. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah akan mengadakan hitung real time hasil pemungutan suara Pilgub Jateng 2018. Proses tersebut selambatnya akan berakhir pada Rabu (27/6) pukul 24.00.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, mengatakan prosesi hitung real time ini diawali dengan pendataan hasil pungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Setelah itu Form C1 (hasil hitung TPS). Lalu di scan dan direkap," ujarnya saat dijumpai Hotel Gets, Semarang, Selasa (26/6).

Joko menambahkan, pendataan akan dilakukan per sepuluh ribu dari 63.973 TPS. Prosesnya, dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dikumpulkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan langsung diberikan KPU Kabupaten.

"Kita juga memback up dengan cara membuat rekapitulasi manual di masing-masing TPS. PPS wajib merekap," sambungnya. Hasil rekapitulasi ini nantinya diberikan agar KPU bisa diperoleh informasi paling cepat.

Setelahnya, data yang ada diupload ke portal hitung real time milik KPU, yakni situng.kpu.go.id. Prosesi pengumpulan atau penghitungan ini dapat dipantau dan ditargetkan tuntas maksimal pada Rabu (27/6) pukul 24.00.

"Itu akan bergerak terus setiap detik. Yang diunggah itu file jadi. Insyaallah situng belom pernah punya pengalaman down. Karena masuknya satu per satu. Insyallah akurasinya 99 persen," tandasnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Gerindra Jawa Tengah Sriyanto Saputro menyatakan tim pemenangan Sudirman Said-Ida Fauziyah juga akan mengadakan quick count. "Nanti hasilnya akan langsung diketahui melalui layar lebar. Sekaligus untuk memantau perkembangan per-TPS," jelasnya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Pilkada Serentak
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini