Pandangan PDIP Soal Safari Politik Prabowo Temui Ketum Koalisi Jokowi

Rabu, 16 Oktober 2019 12:17 Reporter : Supriatin
Pandangan PDIP Soal Safari Politik Prabowo Temui Ketum Koalisi Jokowi Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengapresiasi langkah Ketua Umum Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto melakukan safari politik ke sejumlah petinggi partai koalisi Presiden Joko Widodo. Menurutnya, apa yang dilakukan Prabowo sebagai upaya menjaga silaturahmi.

"Intinya PDIP mengapresiasi langkah Gerindra atau partai lain yang menjalin silaturahmi, komunikasi politik dengan pimpinan parpol lain dan tokoh bangsa lain," kata Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/10).

Basarah menyebut tradisi menjalin komunikasi politik antara pimpinan partai memang harus terus dirawat. Tidak hanya menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

"Sehingga kalau ada hal-hal yang kurang dimengerti, salah paham, dengan pertemuan itu kalau bahasa Islamnya tabayyun, klarifikasi, hal-hal yang berbeda pendapat, selisih paham itu bisa dimusyawarahkan," ucapnya.

Wakil Ketua MPR ini tak tahu safari politik Prabowo merupakan arahan Jokowi. Sebab, manuver Prabowo temui sejumlah pimpinan partai koalisi setelah bertemu empat mata dengan Jokowi di Istana Merdeka Jakarta.

"Tanyanya sama Pak Jokowi, jangan sama PDIP," tegasnya.

Soal peluang Demokrat dan Gerindra gabung koalisi Jokowi, Basarah tak ingin berspekulasi. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk menentukan siapa saja menteri Kabinet Kerja Jilid II.

"Kita serahkan kepada keputusan politik Pak Jokowi. Dia memegang hak prerogatif. Kita percayakan sepenuhnya pada kewenangan prerogatif pak Jokowi," pungkasnya.

Sebagai informasi, Prabowo menemui pimpinan partai pengusung Jokowi belakangan ini. Mereka adalah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini