PAN Soal Survei Litbang Kompas: Lampu Kuning Buat Jokowi

Rabu, 20 Maret 2019 16:19 Reporter : Sania Mashabi
PAN Soal Survei Litbang Kompas: Lampu Kuning Buat Jokowi yandri susanto. ©2017 Merdeka.com/fraksipan.com

Merdeka.com - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengomentari hasil survei Litbang Kompas yang menyatakan elektabilitas capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin cenderung menurun. Yandri menilai, penurunan elektabilitas itu adalah peringatan untuk Jokowi-Ma'ruf.

"Bayangkan seorang petahana sudah di angka di bawah 50 persen, itu artinya menurut saya sih lampu kuning buat Pak Jokowi dan pertanda baik buat Pak Prabowo," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3).

Dalam survei Litbang Kompas disebut Jokowi-Ma'ruf mendapatkan persentase 49,2 persen sedangkan Prabowo-Sandi 37,4 persen. Jokowi-Ma'ruf mengalami tren penurunan dan Prabowo-Sandi mengalami tren kenaikan.

Meski mengalami tren kenaikan, Yandri menegaskan, tim pemenangan Prabowo-Sandi akan tetap berusaha menaikan elektabilitas. Salah satunya dengan cara menggerakan para relawan.

"Grup-grup relawan, masyarakat, saya jujur, hari ini saya melatih relawan hampir 16 ribu, setelah saya tanya mungkin yang mendukung Pak Jokowi itu hanya 10 orang yang lainnya Prabowo-Sandi, itu tanpa saya kondisikan," ungkapnya.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ini menegaskan, pihaknya akan tetap waspada pada setiap hasil survei. Sebab, kata Yandri, keputusan akhir terlihat setelah proses pemilihan di TPS berlangsung.

"Artinya tentu dengan hasil survei ini kami tetap akan waspada, tetap akan konsolidasi kepada rakyat, tidak akan terlena, karena sesungguhnya fakta yang akan kita hadapi adalah di TPS nanti, bukan hasil survei atau analisa-analisa hari ini," ucapnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini