PAN: Ridwan Kamil Bukan Orang Lain, Sudah Jadi Saudara

Jumat, 21 Januari 2022 17:14 Reporter : Ahda Bayhaqi
PAN: Ridwan Kamil Bukan Orang Lain, Sudah Jadi Saudara Zulhas Bertemu Ridwan Kamil. Instagram Zulkifli Hasan

Merdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil memiliki hubungan yang dengan partai berlambang matahari itu. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Ridwan Kamil merupakan sahabat dekat. Bahkan dianggap seperti saudara sendiri.

"Ketua Umum PAN, Bang Zulkifli Hasan dan Kang Emil adalah sohib dekat, teman dekat sejak lama. Makanya bagi PAN, Kang Emil kita anggap bukan orang lain, tetapi sudah menjadi saudara sendiri," ujar Viva kepada wartawan, Jumat (21/1).

Viva menuturkan, Zulkifli dan Ridwan juga beberapa kali bertemu dan berdiskusi membicarakan masa depan bangsa. Visi Ridwan juga dinilai cocok dan selaras dengan PAN.

"Makanya menurut saya, Kang Emil merasa at home bersama Bang Zul dan PAN," ucapnya.

PAN melihat Ridwan Kamil sebagai figur potensial untuk diusung sebagai calon presiden. Namun, apakah PAN akan mengusung Ridwan Kamil harus diputuskan dalam Rakernas.

"Nanti akan diputuskan oleh ketua umum PAN melalui forum Rakernas. Karena dari hasil Rakernas ke 1 PAN, Agustus 2021 lalu, memutuskan bahwa ketua umum PAN diberi kewenangan untuk menentukan langkah-langkah strategis di pilpres," ujar Viva.

"Saat ini kita masih terus menjalin komunikasi persaudaraan dengan Kang Emil," tutupnya.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Siap Maju Pilpres

Ridwan Kamil merespons soal dirinya akan maju saat Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang. Ia menyatakan, bahwa dirinya siap lahir dan batin untuk maju di pilpres dan soal partai yang akan menjadi kendaraan di pilpres tentunya nanti pihaknya akan menyampaikannya.

"Lahir batin sudah siap, tinggal masalah warna (partai) apa saya kabari nanti," kata Kang Kamil saat konferensi pers di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/1) malam.

Ia mengatakan, untuk dirinya berlabuh di partai mana hingga saat ini ia mengaku masih berusaha dan memilih partai yang sesuai dengan keyakinannya yaitu yang konsisten memperjuangkan nilai-nilai Pancasila.

"Saya sudah sampaikan tahun ini, mungkin akan berikhtiar sesuai dengan keyakinan saya. Dan yang saya pegang adalah pasti yang sangat konsisten yang memperjuangkan Pancasila," ujarnya.

"(Nilai Pancasila) tidak hanya di AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) semua juga AD/ART begitu. Tapi trak recordnya pasti akan jadi dasar saya untuk berlabuh seperti apa. Per hari ini, komunikasi ke semua partai tidak berhenti, tapi nanti ada waktu yang pas, mungkin saya akan menyampaikan. Setelah itu, yah semua hidup ini adalah pilihan, kira-kira begitu. Jadi, nanti pasti sampaikan ke media," ungkapnya.

Saat ditanya, apakah ingin jadi Calon Presiden (Cawapres) atau Wakil Presiden (Wapres) dirinya menyatakan kalau soal itu adalah wilayah Allah SWT yang menentukan. [ray]

Baca juga:
Kritik Kajati, Arteria Dahlan Ternyata juga Pakai Bahasa Sunda saat Rapat DPR
Ridwan Kamil soal Kandidat Kepala Otorita IKN: Saya Enggak Mau GR, Takut Salah
Siapa Sosok Ideal Jadi Kepala Badan Otorita IKN?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini