PAN prioritaskan Zulkifli capres jika MK batalkan presidential threshold

Selasa, 3 Juli 2018 13:41 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PAN prioritaskan Zulkifli capres jika MK batalkan presidential threshold Prabowo Subianto Temui Zulkifli Hasan. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan menilai sikap seluruh partai politik akan berubah jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan Presidential Treshold (PT) dari 20 persen menjadi 0 persen. Jika dikabulkan MK, dia yakin para ketum parpol akan mencalonkan diri sebagai presiden.

"Sekarang semua ini sebetulnya lagi menunggu keputusan MK terhadap judicial review itu, kita tunggu aja. Kalau kemudian MK membatalkan PT 20 persen semua cair lagi, koalisi terbangun pasti akan cair. Karena semua pasti menunggu juga karena PT 0 persen maka otomatis tiada lain tiada bukan setiap ketum partai politik saya yakin akan mengajukan capres," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/6).

Dia menambahkan, treshold 0 persen ibarat tiket gratis yang tidak akan dibuang oleh para partai politik. Sehingga para figur capres non parpol akan dikesampingkan.

"Kalau 0 persen otomatis free pass pasti akan diprioritaskan pada ketum masing masing. Jadi kalau mereka yang tidak duduk sebagai parpol pasti akan di nomorduakan karena kesempatan buat parpol kalau PT 0 persen," ucap Taufik.

Dia mengungkapkan, nama-nama yang dipertimbangkan PAN juga banyak. Jika judicial review dikabulkan, kata dia, PAN pasti menjagokan ketum Zulkifli Hasan.

"Banyak. Logikanya ketum lokomotif dalam proses itu. Karena aneh justru kalau ketum enggak mencalonkan diri. Masa kepala suku enggak nyalon, masa krucu krucu yang suruh duluan," tandas Wakil Ketua DPR bidang ekonomi dan keuangan ini. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini