PAN Nilai Pimpinan MPR Jadi 10 karena Presentasikan Semua Unsur Parlemen

Jumat, 16 Agustus 2019 13:53 Reporter : Sania Mashabi
PAN Nilai Pimpinan MPR Jadi 10 karena Presentasikan Semua Unsur Parlemen sekjen PAN Eddy Soeparno. ©2017 Merdeka.com/eddysoeparno.com

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menilai wajar ada usulan pimpinan MPR Ditambah menjadi 10 Kursi. Alasannya, kata dia, MPR adalah rumah yang harus merepresentasikan semua unsur di parlemen.

"Saya kira MPR sebagai rumah besar yang merepresentasikan DPR dan DPD, saya kira itu usulan masuk akal, memang dibutuhkan konsensus dulu agar semua terangkul tidak merasa ditinggalkan itu akan kita bahas," kata Eddy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Eddy memahami jika ingin menambah jumlah pimpinan MPR harus mengubah Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Maka dari itu perlu dibahas lebih lanjut di tingkat partai politik

"Saya kira kan 10 itu, sembilan fraksi, satu DPD. Akan mengubah UU MD3 juga pada akhirnya," ungkapnya.

Meski begitu, Eddy menegaskan partainya tidak pernah mengusulkan tambahan pimpinan. Kata dia itu hanya usul kader dan saat ini pembicaraan soal penambahan pimpinan masih cair.

"Kita tidak pernah usulkan itu, usulan ini dari pembicaraan taman-teman yang berjalan, itu termasuk di dalam PAN yang ikut pembahasan. Segala sesuatu ditentukan bersama," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Saleh Partaonan Daulay mengusulkan adanya penambahan kursi pimpinan MPR. Dia mengusulkan jumlah pimpinan ditambah menjadi 10 orang.

"Awal periode ini kan pimpinan MPR 5 orang. Setelah beberapa saat, dirubah menjadi 8 orang. Tentu sangat baik jika pimpinan yang akan datang disempurnakan menjadi 10 orang dengan rincian 9 mewakili fraksi-fraksi dan 1 mewakili kelompok DPD. Soal siapa ketuanya, bisa dimusyawarahkan untuk mencapai mufakat," kata Saleh pada wartawan, Senin (12/8). [eko]

Topik berita Terkait:
  1. MPR
  2. Partai Amanat Nasional
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini