PAN Jagokan Bima Arya di Pilkada DKI, Desy Ratnasari di Jawa Barat

Selasa, 2 Maret 2021 18:52 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
PAN Jagokan Bima Arya di Pilkada DKI, Desy Ratnasari di Jawa Barat Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memberikan keterangan mengenai penanganan COVID-19 di Kota Bogor. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno menuturkan, partainya memiliki segudang kader andalan yang akan dipersiapkan untuk bertarung di Pemilihan Gubernur. Diantaranya Pilgub DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

"Kalau kita bicara Jawa Barat, Banten, DKI, saya kira PAN tidak memiliki kekurangan kader unggulan untuk bisa berkompetisi di Pilkada dan di Pilgub di daerah-daerah tersebut," katanya lewat pesan suara, Selasa (2/3).

Dia mencontohkan kader PAN yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Dia dijagokan untuk Pilkada DKI Jakarta. Alasannya, Bogor dengan DKI Jakarta memiliki banyak kemiripan seperti permasalahan sampah, kemacetan, mobilitas penduduk, permasalahan keanekaragaman warga dan kepadatan kota.

"Ini yang membuat Bima Arya jadi orang yang kader kita yang cocok ditempatkan di Pilkada DKI jika memang tahun 2024 kita melihat itu adalah tempat yang terbaik untuk Bima Arya," ucapnya.

Untuk Pilgub Jawa Barat, PAN juga tidak khawatir. "Kita punya Desy Ratnasari tokoh Jawa Barat."

Selain nama-nama itu, ada pula Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio. Dia juga menyebut nama Pasha Ungu yang punya rekam jejak memimpin Kota Palu. Berikutnya ada Ketua Komisi VIII sekaligus tokoh Banten Yandri Susanto.

"Sehingga banyak, PAN tidak kekurangan kader unggulan untuk ditempatkan nanti di kompetisi Pilkada 2024," kata Anggota DPR RI ini.

Namun, saat ini PAN masih fokus untuk menangani masalah kesehatan dari aspek penanganan Covid-19. Eddy menyebut partainya terus membantu masyarakat yang sekarang terbebani akibat pandemi.

"Nanti kalau sudah berhasil dari aspek krisis kesehatan PAN akan lebih gencar lagi untuk melakukan konsolidasi baik itu internal maupun terhadap kader kader unggukan kita untuk nanti kita turunkan baik di pemilu legislatif maupun Pilkada 2024," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengungkap sejumlah nama bakal calon gubernur Jawa Barat dan Banten dari partai berlambang bintang Mercy itu.

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief melalui akun twitternya, @Andiarief_ pada Senin (1/3).

Untuk Pilgub Jawa Barat, Partai Demokrat menyiapkan sembilan nama bakal calon. Mereka adalah, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Muraz.

Serta Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Surrato, Anggota Komisi III DPR RI Agung Budi Santoso, dan Ketua DPD Jawa Barat Partai Demokrat Irfan Suryanagara.

Sementara, untuk Pilgub Banten, Partai Demokrat menyiapkan tujuh nama dari internal. Pertama adalah inkumben Gubernur Banten Wahidin Halim. Kemudian, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya.

Ada juga nama putri Wapres Ma'ruf Amin yang juga Wasekjen Demokrat Siti Nur Azizah. Serta, Anggota Komisi IV DPR RI Nur Aini, Anggota DPR Fraksi Demokrat dapil Banten, Zulfikar, dan tokoh Banten yang juga mantan Ketua DPRD Banten Aeng Haerudin. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini