PAN belum putuskan setujui hak angket Menkum HAM

Selasa, 24 Maret 2015 15:49 Reporter : Laurel Benny Saron Silalahi
PAN belum putuskan setujui hak angket Menkum HAM Yasonna H Laoly. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan sikap untuk mendukung hak angket terkait pengesahan kepengurusan Partai Golkar kubu Agung Laksono yang dilakukan Menkum HAM Yasonna Laoly. Padahal, Koalisi Merah Putih di DPR solid untuk menggunakan Hak angket.

"Belum ada sikap resmi PAN soal angket. Belum ada forum resmi apalagi fraksi atau DPP saat sedang menunggu pengesahan pengurus," ujar anggota Fraksi PAN DPR, Yandri Susanto, di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (24/3).

Anggota Komisi II DPR RI ini mengatakan, jika struktur partai kepengurusan di DPP sudah dibentuk, maka PAN akan mempelajari dahulu penggunaan hak angket tersebut.

"Kita juga perlu dalami urgensi hak angket itu. Tujuan dan maksud belum sampai ke kita. Sampai hari ini PAN belum menyatakan mendukung atau menolak. Sampai ada forum itu," jelasnya.

Ketua Umum Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) ini menegaskan, sebelum pembentukan struktur partai, maka anggota DPR di fraksi PAN tidak diberikan keleluasaan menggunakan hak angket tersebut, meskipun hak pamungkas itu merupakan hak setiap anggota DPR.

"Tidak boleh, kami tidak memberikan keleluasaan kepada anggota kami. Fraksi punya aturan main operasional sendiri. Ada pimpinannya putusan secara resmi haru melalui Fraksi PAN keputusan partai dan fraksi," tandasnya. [ren]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini