PAN Balik Rayu Gerindra-PKB Gabung KIB

Selasa, 24 Januari 2023 17:32 Reporter : Alma Fikhasari
PAN Balik Rayu Gerindra-PKB Gabung KIB yandri susanto. ©2017 Merdeka.com/fraksipan.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut bakal ada partai politik lain yang bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Disebutkan, jika partai yang kemungkinan akan bergabung yakni PPP.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menyebut jika pihaknya membuka peluang agar Gerindra dan PKB bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Ya kalau mau, Gerindra PKB gabung ke KIB. Kita welcome banget tuh," kata Yandri, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1).

"Di KIB kan dari dulu kita memang apakah itu partai non parlemen maupun non parlemen kita buka diri. Dan komunikasi itu terus kita lakukan," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Dia mengakui, bahwa partainya berkomunikasi baik dengan Gerindra dan PKB. Sehingga, peluang untuk bergabung sangat terbuka.

"Kita, terutama PAN ya. Dengan Gerindra baik, dengan PKB juga komunikasi. Dengan semua partai kita lakukan komunikasi. Karena menurut PAN itu sebelum janur kuning melengkung, kalau istilahnya orang mau menikah ya, sebelum ijab qobul semua masih bisa terbuka," ucap Yandri.

Perihal kemungkinan PPP bergabung dengan Gerindra dan PKB, Yandri menegaskan bahwa KIB yang digagas oleh PAN, PPP, dan Partai Golkar hingga saat ini masih solid menuju pemilu 2024.

"Tapi kita pastikan InsyaAllah tiga partai ini solid. PAN, Golkar, dan PPP solid dan kita berharap ada tambahan dari yang lain apakah itu partai baru yang diumumkan KPU, maupun yg lama. Tapi bilamana misalkan koalisi itu tetap tiga partai kan cukup. Artinya pasangan calon berarti kan lebih banyak," imbuhnya.

Baca juga:
Ridwan Kamil Gabung Golkar, PAN Ungkap KIB Masih Prioritaskan Tiga Ketum jadi Capres
Golkar Pertanyakan Kapasitas Sandiaga Bilang PPP Mau Gabung Koalisi Gerindra-PKB
PPP Sebut Ridwan Kamil Tokoh yang Dipantau KIB Sebagai Capres Potensial
Sandi & Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Airlangga, Golkar: Tergantung Ketum KIB
Golkar Usulkan Nama Airlangga ke KIB, Bukan Ridwan Kamil
Airlangga: Capres Dibahas Setelah Anggota KIB Bertambah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini