Paling Ditunggu Pemilu 2019, Begini Proses Tahapan Penghitungan Manual KPU

Selasa, 23 April 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Paling Ditunggu Pemilu 2019, Begini Proses Tahapan Penghitungan Manual KPU Pemilu 2019. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pencoblosan Pemilu 2019 telah usai dilakukan pada Rabu (17/4) lalu. Penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga telah usai. Saat ini publik sedang menanti siapa yang menjadi pemenang dalam pemilu.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum atau KPU sedang melakukan tahap rekapitulasi surat suara yang masuk dari seluruh provinsi di Indonesia. Bagaimana KPU bekerja menghitung surat suara yang masuk? Ini tahapan penghitungan manual KPU pada Pemilu 2019:

1 dari 4 halaman

Penghitungan di TPS

Penghitungan surat suara tahap pertama dilakukan pada tanggal 17-18 April 2018 di 809.563 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sesuai Peraturan KPU (PKPU) nomor 3 tahun 2019 tentang 'Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum', penghitungan dilakukan oleh petugas KPPS dengan memeriksa pemberian tanda coblos pada surat suara sesuai dengan jenis Pemilu.

Kemudian anggota KPPS mencatat hasil penghitungan suara ke dalam formulir Model C1 yang ditempel pada papan atau tempat tertentu dengan cara tally. Formulir model C1 adalah sertifikat hasil penghitungan suara, yang terbagi untuk presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Untuk penghitungan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, dilakukan dengan cara memberikan tanda berupa satu garis tegak, setiap hitungan suara sah masing-masing paslon dan setiap hitungan kelima diberi garis diagonal memotong 4 (empat) garis tegak tersebut. Kemudian memberikan tanda berupa satu garis tegak setiap hitungan suara tidak sah pada kolom jumlah suara tidak sah, dan setiap hitungan kelima diberi garis diagonal memotong 4 (empat) garis tegak tersebut.

Penghitungan dilaksanakan secara terbuka, dihadiri para saksi dan pengawas. Setiap saksi mendapat dokumen hasil hitung atau rekap. Saat penghitungan media massa dan elektronik bisa hadir dan masyarakat dapat memfoto hasil pemilu.

2 dari 4 halaman

Tahap Kecamatan

Tahap selanjutnya, pada tanggal 18 April-4 Mei 2019 penghitungan tingkat kecamatan yang terdiri dari 7.201 kecamatan di seluruh Indonesia. Di mana petugas KPPS wajib menyerahkan kotak suara dan salinan formulir dengan menggunakan formulir Model C4-KPU pada hari dan tanggal Pemungutan Suara kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS). Model C4-KPU adalah surat pengantar penyampaian berita acara pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019 di TPS kepada PPS.

Salinan formulir meliputi formulir model C-KPU atau berita acara pemungutan dan penghitungan suara , formulir Model C1 presiden dan wapres, model C1-DPR, model C1-DPD, model C1-DPRD Provinsi, dan Model C1-DPRD Kab/Kota yang dimasukkan ke dalam masing-masing sampul tersegel dan berada di luar kotak suara.

3 dari 4 halaman

Tahap Kabupaten/Kota

Setelah dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan, selanjutnya rekap suara dilakukan di 514 kabupaten/kota pada tanggal 22 April-12 Mei 2019. Selanjutnya, hitung suara dilaksanakan di 34 provinsi se Indonesia pada tanggal 22 April-12 Mei 2019.

Nantinya KPU/KIP Kabupaten/Kota mengirimkan hasil pemindaian (scan) salinan formulir model C-KPU, model, C1 presiden dan cawapres, model C1-DPR, model C1-DPD, model C1-DPRD Provinsi, dan model C1-DPRD Kab/Kota kepada KPU untuk diumumkan pada laman KPU melalui sistem informasi penghitungan suara atau situng.

4 dari 4 halaman

Nasional

Tahap terakhir, penghitungan suara ada tingkat nasional pada tanggal 25 April-22 Mei 2019. Pada tingkat nasional ini juga penghitungan dilaksanakan secara terbuka, dihadiri para saksi dan pengawas. Setiap saksi mendapat dokumen hasil hitung atau rekap. Saat penghitungan media massa dan elektronik bisa hadir dan masyarakat dapat memfoto hasil pemilu. [has]

Baca juga:
Inilah Real Count KPU Terbaru Jokowi vs Prabowo Jelang Malam Hari
Input Data Perolehan Suara Pilpres di TPS 03 Ogan Ilir Tak Sinkron
Real Count KPU Senin Siang dari 123.554 TPS, Siapa Unggul?
PDIP Tegaskan Siap Diaudit Proses Rekapitulasi Suara Internal
Real Count KPU 13,6 Persen: Jokowi-Maruf 54,75 %, Prabowo-Sandi 45,25 %
Elite Politik Harus Memberi Contoh Berdemokrasi yang Konstitusional

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini