Pakar Hukum: Putusan MA Tak Pengaruhi Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Rabu, 8 Juli 2020 06:31 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Pakar Hukum: Putusan MA Tak Pengaruhi Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 jokowi-maruf tanggapi Hasil hitung cepat. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan sengketa Pilpres diajukan Rachmawati Soekarnoputri dan enam orang pemohon lainnya. Rachmawati menggugat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2019 Pasal 3 Ayat 7.

PKPU itu mengatur soal penetapan pemenang Pilpres. Majelis hakim MA menilai pasal tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang disadur dari UUD 1945.

Lalu bagaimana keabsahan kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019?

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Muslim Indonesia Makassar, Fahri Bachmid membedah perihal keputusan MA tersebut. Menurut Fahri, putusan MA tersebut tidak memiliki implikasi yuridis apapun terhadap kedudukan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019 lalu.

"Secara konstitusional keabsahan Presiden Jokowi telah final. Dan putusan MA ini tidak ada dampaknya sama sekali, karena secara teknis hukum memang beda, baik dari aspek yurisdiksi kewenangan antara MA dan MK maupun fungsionalisasi serta kepentingan peradilan dalam memutus perkara itu,” ujar Fahri Bachmid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/7).

Fahri meminta, semua pihak tenang dan tidak berpolemik atas dikabulkannya permohonan gugatan uji materiil Rachmawati oleh MA tersebut. Sebab, hasil sengketa Pilpres yang diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) sudah final dan mengikat dan tidak ada upaya hukum apapun yang tersedia untuk mempersoalkannya lagi.

"Kalau hari ini muncul putusan MA, itu tidak terkait dengan keabsahan Jokowi sebagai presiden," kata Fahri lagi.

Baca Selanjutnya: Menurut Fahri MA memang diberi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini