Nusron Ungkap Kesepakatan Bamsoet-Airlangga, Dukung Pelaksanaan Munas Bukan Mundur

Senin, 4 November 2019 13:42 Reporter : Ahda Bayhaqi
Nusron Ungkap Kesepakatan Bamsoet-Airlangga, Dukung Pelaksanaan Munas Bukan Mundur bamsoet dan airlangga di acara caleg golkar. ©2019 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Loyalis Bambang Soesatyo, Nusron Wahid mengungkap tidak ada kesepakatan supaya Bamsoet tidak akan maju Munas Golkar jika menjadi ketua MPR. Nusron menyebut, kesepakatan antara Airlangga dan Bamsoet hanya sebatas mendukung pelaksanaan Munas Golkar dilaksanakan pada bulan Desember.

"Kesepakatannya ada, mendukung pelaksanaan Munas pada bulan Desember, iya mendukung kesepakatan Munas," ujar Nusron di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11).

Sebelum pemilihan ketua MPR, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh, yang juga mantan senior Golkar, berkumpul. Dalam pertemuan tersebut menyepakati mendorong Bamsoet sebagai Ketua MPR.

Padahal, Bamsoet sebelumnya ngotot maju sebagai calon ketua umum Golkar dan siap bertarung dengan Airlangga. Akibat pertemuan tersebut, Bamsoet 'cooling down' dari pencalonan ketum.

Pada akhirnya, Bamsoet terpilih sebagai ketua MPR melalui musyawarah mufakat berkat dorongan Golkar. Namun belakangan, Bamsoet kembali didorong sebagai calon Ketua Umum Golkar.

Nusron menyebut, tidak ada kesepakatan hitam dan putih dengan Airlangga agar Bamsoet tidak maju sebagai calon Ketua Umum Golkar dalam Munas.

"Enggak, enggak ada kalimat mundur. Masa mundur-mundur bagian begitu, enggak ada. Mendukung pelaksanaan Munas," tegasnya.

Nusron menyebut, Bamsoet bukannya berniat maju kembali sebagai calon Ketua Umum Golkar. Melainkan, desakan DPD tingkat satu dan dua Golkar yang menginginkan kepemimpinan baru. Sebab, menurut Nusron, pengurus daerah menganggap kepemimpinan Airlangga oligarki dan tertutup.

"Perlu ada air, nah butuh figur baru yang mampu menyiram pohon beringin ini supaya rindang lagi," ucapnya.

Setelah sempat menyatakan diri untuk cooling down di pertarungan Munas Golkar, Bambang Soesatyo disebut akan kembali berkontestasi dengan Airlangga Hartarto. Hal ini diungkap oleh loyalis Bamsoet, Darul Siska.

"Tetap maju," kata Darul kepada merdeka.com, Kamis (31/10).

Bamsoet sempat menyatakan cooling down setelah melakukan pertemuan dengan Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, disepakati bahwa Bamsoet akan dicalonkan Golkar menjadi ketua MPR.

Namun menurut Darul, terpilihnya Bamsoet jadi ketua MPR bukan karena restu dari Airlangga. Tapi atas rekomendasi partai Golkar. [ray]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini