Nusron sebut DPD I sudah kirim surat desakan Munaslub, bola di tangan Idrus Marham

Rabu, 6 Desember 2017 12:54 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - DPP Partai Golkar belum memutuskan waktu penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Meski DPD I mendesak segera dilaksanakan Munaslub, pengurus pusat dan ketua dewan pakar justru berpegang bahwa Munaslub baru dilaksanakan setelah putusan praperadilan Ketua Umum Golkar Setya Novanto.

Pengurus Besar Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Nusron Wahid mengatakan, kunci Munaslub ada di tangan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Golkar Idrus Marham.

"Kunci permainan hari ini, bola ada di tangan Pak Idrus Marham," ungkap Nusron usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12).

Nusron menyampaikan, pimpinan DPD I secara resmi telah mengirim surat kepada DPP Golkar. Surat itu berisi permintaan agar digelarnya Munaslub. Karena adanya permintaan tersebut, Nusron berharap Idrus memberikan respons cepat.

"Ini kan harusnya ada respons secara cepat dari pengurus DPP Golkar dalam hal ini Plt Ketum sama para korbit-korbit ini," ujarnya.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) ini mengatakan, paling lama Jumat (8/12) Plt Ketum Golkar sudah memberikan keputusan atas permintaan tersebut. Dalam pandangannya, Munaslub perlu segera digelar untuk memberikan kepastian masa depan partai berlambang pohon beringin itu.

"Kita harus melakukan proses dialog dan negosiasi dengan Pak Idrus Marham supaya merespon surat dari teman-teman DPD I yang sudah meminta secara resmi diadakannya Munaslub," ujarnya.

Sebelumnya, Nusron meyakini pemilihan Ketua Umum Golkar baru di Munaslub nanti dilakukan secara aklamasi.

"Kalau bicara masalah ketua umum, saya yakin dan Insya Allah lihat dari angin DPD I dan DPD II kita berharap pemilihannya bisa aklamasi," ungkapnya di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor.

Satu nama yang santer disebut akan terpilih jadi Ketua Umum Golkar secara aklamasi adalah Airlangga Hartarto. Airlangga saat ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Sementara itu, ada sejumlah nama yang dikabarkan akan bertarung dalam Munaslub yaitu Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Golkar Idrus Marham, putri mantan presiden Soeharto, Titiek Soeharto, dan Ketua Badan Anggaran DPR RI Aziz Syamsuddin.

"Kalau sampai hari ini pak Airlangga Hartarto bisa aklamasi," ucap Nusron.

Sosok Airlangga Hartarto dinilai sangat tepat memimpin Golkar. Airlangga dinilai memiliki akseptabilitas, dan sudah memenuhi syarat Ketua Umum Golkar.

"Pertama Airlangga bisa diterima oleh semua faksi. Hampir semua faksi partai Golkar bisa menerima. Kedua, memang hari ini stok yang ada di partai Golkar sedang limited, yang bisa menjahit semua itu," ujar dia. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.