NasDem Minta Polisi Usut Tuntas Teror Ular Kobra Jelang Kedatangan Anies di Tangerang

Rabu, 25 Januari 2023 16:37 Reporter : Alma Fikhasari
NasDem Minta Polisi Usut Tuntas Teror Ular Kobra Jelang Kedatangan Anies di Tangerang Rumah Eks Gubernur Banten Wahidin Halim Dilempari Kobra. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua DPP NasDem Taufik Basari meminta polisi mengusut tuntas aksi teror ular kobra di rumah mantan gubernur Banten Wahidin Halim jelang kehadiran Anies Baswedan di Tangerang. Dia berharap, aparat penegak hukum membongkar motif dan otak dari insiden tersebut.

"Kami meminta Polda Banten mengusut tuntas pelaku teror di rumah Wahidin Halim, serta membongkar motif dan otak dari peristiwa tersebut," kata Taufik Basari, saat dihubungi, merdeka.com, Rabu (25/1).

"Tidak boleh ada teror yang dibiarkan tanpa penegakan hukum dan penindakan. Harus dilakukan tanpa pandang bulu siapapun latar belakang pelaku dan dalangnya," sambungnya.

Kendati demikian, Partai NasDem enggan berspekulasi apakah teror tersebut berkaitan dengan kedatangan Anies Baswedan atau tidak. Namun, dia menekankan agar aparat penegak hukum menindak tegas dan kupas tuntas insiden tersebut.

"Namun demikian terlepas dari apa latar belakang peristiwa ini, tentunya aparat keamanan juga punya tanggung jawab untuk memastikan setiap kegiatan partai politik dapat berjalan aman dari gangguan pihak manapun, saya garis bawahi pihak manapun. Karena upaya menghalang-halangi, menghambat, mengganggu, mengintimidasi, mengancam kegiatan politik dan pendidikan politik, akan merusak demokrasi," tegasnya.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga iklim demokrasi agar tetap kondusif dan berkualitas. Jangan beri ruang terhadap praktik politik kotor karena akan merugikan seluruh pihak.

Sebab, menjaga demokrasi bukan hanya untuk kepentingan partai atau kelompok tertentu semata tetapi untuk bangsa dan negara.

"Tentu kita ingin menjaga agar kehidupan demokrasi di Indonesia tetap sehat, beretika dan bermartabat dan jangan sampai dikotori oleh praktik politik kotor yang jahat," ujar Anggota Komisi III DPR RI itu.

2 dari 3 halaman

Politik Kotor

Sementara Partai Demokrat menilai teror ular kobra jelang kedatangan Anies di Tangerang merupakan strategi politik tersebut kotor dan norak.

"Kami menyayangkan aksi teror politik seperti ini. Ini cara-cara kotor yang tak sehat," ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Rabu (25/1).

Kamhar mengatakan, Anies telah merespon baik terhadap penolakan kehadirannya di daerah. Seperti ketika di Bandung Anies mengenakan kaos 'Abdi nu Ngider, Naha Anjeun nu Kader yang bermakna, 'saya yang keliling, kenapa kamu yang takut'.

"Ini cara yang cerdas merespons cara-cara norak seperti ini. Kami tidak takut, rakyat tidak takut," ujar Kamhar.

Aksi teror politik tidak akan menyurutkan semangat masyarakat yang menyambut Anies. Menurut Kamhar, bukannya membuat takut justru akan menambah semangat.

"Rakyat semakin cerdas, cara-cara intimidatif seperti ini tak akan menyurutkan semangat dan membendung aspirasi perubahan dan perbaikan yang terus bergulir di masyarakat. Bukannya membuat takut, cara-cara seperti ini malah akan semakin menambah dan mengobarkan semangat perjuangan, apalagi di Banten daerah para Jawara," ujar Kamhar.

3 dari 3 halaman

Teror Sekarung Ular Kobra

Rumah mantan Gubernur Banten, Wahidin Halim dilempari puluhan ular kobra oleh orang tak dikenal. Teror pelemparan ular itu terjadi jelang kedatangan Anies Baswedan ke Tangerang.

Pantauan di lapangan, puluhan ular kobra masih tersimpan di dalam karung plastik transparan Rabu dini hari (25/1). Puluhan ular itu tergeletak di halaman belakang rumahnya.

Wahidin menganggap puluhan ular berbisa itu merupakan teror politik. Dia menegaskan tidak takut terhadap aksi teror semacam itu.

"Biasa itu politik tidak beradab, kejahatan politik dengan berbagai cara bagaimana menteror untuk menakut-nakuti," tegas Wahidin. [tin]

Baca juga:
Rumah Wahidin Halim Diteror Kobra Jelang Kedatangan Anies, Demokrat: Kami Tidak Takut
Kronologi Sekarung Ular Kobra Dilempar jelang Kedatangan Anies Baswedan di Tangerang
Jelang Kedatangan Anies, Rumah Eks Gubernur Banten Wahidin Halim Dilempari Kobra
Demokrat Klaim Tak Paksakan AHY Jadi Cawapres Anies Baswedan
CEK FAKTA: Insiden Cak Nun sebut Jokowi Firaun Tak Ada Kaitan dengan Anies Baswedan
Kiprah Khofifah dalam Pertarungan Politik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini