NasDem Diprediksi Gabung KIB, Jika Gagal Bangun Koalisi dengan PKS-Demokrat

Senin, 8 Agustus 2022 16:36 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
NasDem Diprediksi Gabung KIB, Jika Gagal Bangun Koalisi dengan PKS-Demokrat AHY bertemu Surya Paloh di Markas NasDem. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kian menunjukkan kemesraan saat daftar parpol peserta pemilu ke KPU, Senin (8/8). Kedua parpol tersebut sebelumnya telah sepakat akan berkoalisi dalam menghadapi Pemilu 2024.

Di luar itu, ada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PPP dan PAN yang sepakat membangun koalisi. Satu kubu lagi yakni PDIP sebagai parpol satu-satunya yang bisa mengusung capres tanpa harus koalisi.

Bersisa NasDem, PKS dan Demokrat yang hingga kini belum bersepakat untuk berkoalisi. Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, apabila ketiga parpol itu gagal bersepakat, maka KIB akan menjadi pelabuhan koalisi terakhir.

Dia memprediksi, NasDem kemungkinan besar akan bergabung dengan KIB.

"Asalkan NasDem bisa mengusung Anies Baswedan sebagai capres, dan Airlangga Hartarto cawapres, atau sebaliknya, Airlangga capres, Anies cawapres," ujar Ujang saat dihubungi, Senin (8/8).

2 dari 2 halaman

Ujang mengatakan, Demokrat juga akan berlaku sama. Partai itu akan bergabung dengan KIB jika AHY masuk dalam calon yang akan diusung Pilpres 2024.

Namun, Jika tidak bisa mengajukan AHY, maka mereka tidak akan mau masuk PDIP, juga KIB dan Gerindra-PKB. Begitu juga dengan PKS.

"Mereka akan main di tengah saja, akan memenangkan pileg saja. Kalau mereka tidak jadi berkoalisi, mereka akan berpencar, mengamankan pileg paling tidak," kata Ujang lagi.

Meskipun demikian Ujang meyakini poros keempat yang terdiri dari NasDem, Demokrat dan PKS akan terwujud.

Selain itu, ia menambahkan, soal koalisi tidak ada yang berdasarkan ideologi. Ataupun jika ideologi mereka sama, maka ideologi itu adalah kepentingan, pragmatisme.

"Mereka tetap akan berkoalisi karena soal harga diri dan soal mereka ingin menjadi penentu dalam koalisi, tidak ingin jadi follower. Jadi ingin menentukan dalam konteks koalisi memenangkan capres-cawapres yang akan didukungnya," katanya. [rnd]

Baca juga:
Target Tinggi Parpol di Pemilu 2024
Demokrat Bakal Bertemu PKS dan NasDem Usai Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024
PDIP, NasDem, hingga PKS Mendaftar Jadi Calon Peserta Pemilu 2024
Bicara soal PDIP, NasDem: Bangsa Sebesar Ini, Tidak Bisa Usung Capres Sendiri
Target Nasdem 2024, Raih 100 Kursi di DPR dan Menang Pemilu Urutan Kedua
NasDem Pastikan Penuhi Syarat Keterwakilan Perempuan di Pemilu 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini