NasDem dan SocDem Asia Gelar Konferensi Antarparpol Bahas 'Politik Identitas'

Selasa, 22 November 2022 21:34 Reporter : Alma Fikhasari
NasDem dan SocDem Asia Gelar Konferensi Antarparpol Bahas 'Politik Identitas' Johnny G. Plate. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai NasDem bersama Social Democracy (SocDem) Asia menggelar konferensi antarpartai politik dari berbagai negara di dunia yang tergabung dalam SocDem Asia dan Progressive Alliance.

Konferensi antarpetinggi partai politik dari 23 negara di dunia tersebut dilaksanakan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (22/11).

Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate, mengatakan tema yang diangkat dalam konferensi SocDem kali ini, yakni ‘Politik Identitas: Memanfaatkan Kekuatan dalam Keanekaragaman dan Persatuan’.

Johnny menjelaskan tema itu diambil untuk melihat bagaimana cara berpolitik yang baik di tengah masyarakat multikultural, namun tetap menjaga kualitas demokrasi.

“Khususnya untuk NasDem sendiri dalam rangka menghadapi pemilihan umum serentak tahun 2024,” kata Johnny, Selasa (22/11).

Tak hanya itu, Johnny menjelaskan konferensi tersebut juga bertujuan untuk mengambil masukan dan sudut pandang partai politik dari negara lain dalam persiapan Pemilu 2024.

“Kita harapkan konferensi ini akan memberikan pikiran-pikiran, terkait dengan sosial demokrat. Bagaimana ikut mengambil bagian dalam meningkatkan kualitas demokrasi, menghasilkan pemimpin yang tepat melalui Pemilu yang legitimate,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Dia pun meminta kepada publik agar tak mengaitkan politik identitas dengan bakal calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan. Menurutnya tak ada konotasi negatif yang bisa disematkan pada tokoh bangsa termasuk Anies.

“Siapa bilang konotasi negatif? Tidak ada konotasi itu. Jangan selalu diasosiasikan 1-2 tokoh di Indonesia,” tegas Johnny.

Menkominfo ini juga mengatakan bahwa setiap tokoh politik pasti memiliki pendukung pro dan kontra. Menurutnya hal itu wajar mengingat Indonesia adalah negara demokrasi.

Terkait dengan Anies, dia mengingatkan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

“Tidak ada yang menang 100 persen di Indonesia ini, dan setiap tokoh politisi kita adalah manusia biasa. Karena setiap tokoh punya pendukung, ada pro dan kontra,” imbuhnya.

Baca juga:
Santer Prabowo-Ganjar, NasDem Tak Ingin Anies 'Dikawin Paksa'
CEK FAKTA: Hoaks Surya Paloh Mundur dari NasDem karena Salah Pilih Anies
Anies Baswedan Ungkap Isi Pertemuan dengan Surya Paloh
Sekjen NasDem Minta Publik Tak Sematkan Politik Identitas ke Anies Baswedan
Anies Baswedan Bertemu Surya Paloh di NasDem Tower, Ini yang Dibahas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini