NasDem Besok Deklarasi Capres 2024: Anies, Andika atau Ganjar?

Minggu, 2 Oktober 2022 19:41 Reporter : Eko Prasetya
NasDem Besok Deklarasi Capres 2024: Anies, Andika atau Ganjar? Markas NasDem. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Partai NasDem akan mendeklarasikan calon presiden yang diusung pada Pemilu 2024 pada Senin (3/10) besok di kantor DPP. Deklarasi ini lebih cepat dari yang selama ini disampaikan kalau NasDem deklarasi pada 10 November 2022.

"Iya besok deklarasi ya," kata Politisi NasDem Charles Meikyansah kepada merdeka.com, Minggu (2/10).

Disinggung siapa yang diusung, Charles enggan membocorkan. Menurutnya, tunggu saja besok.Dari undangan yang diterima, deklarasi dilakukan pada Senin 3 Oktober 2022 di NasDem Tower pukul 21.00 WIB.

"Besok saja lihat," katanya.

2 dari 3 halaman

Diketahui, NasDem Partai Nasdem mengumumkan tiga nama bakal calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Muhammad Andika Perkasa. Untuk koalisi NasDem pun melakukan penjajakan.

Tiga parpol yakni NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Demokrat diketahui tengah gencar melakukan penjajakan yang disebut bakal berkoalisi mendukung Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

Belakangan, Anies bahkan bertemu dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum PKS Ahmad Syaikhu, dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh di acara pernikahan anak dari kader Partai NasDem Sugeng Prawoto.

3 dari 3 halaman

Selain itu, pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024 turut membuat NasDem menjadi sorotan. Bagaimana tidak, NasDem lah yang pertama kali memunculkan nama Anies sebagai Capres 2024 bersama dua nama lainnya.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya sebelumnya mengungkapkan bahwa penjajakan koalisi antara partainya Demokrat dan NasDem sudah mencapai 80 persen sejauh ini.

"Peluangnya ya sejauh ini komunikasi bagus lah. (80 persen) Bisa jadi, kalau kesepakatan beberapa hal terpenuhi," kata Willy di ruangan Fraksi NasDem, Jakarta, Senayan, Senin 12 September 2022.

Selain itu, Partai Demokrat juga terang-terangan ingin menduetkan Ketua Umumnya AHY untuk bisa bersanding dengan Anies. [eko]

Baca juga:
Politikus NasDem Usul Usia Minimal Capres Diturunkan Jadi 21 Tahun
Tantangan Anies-AHY dan Peluang Melawan Ganjar Pranowo
Tak Ingin Berpaling, Demokrat Fokus Bangun Koalisi dengan NasDem-PKS
NasDem Rencana Deklarasi Capres 10 November, Demokrat Tak Ingin Buru-Buru
Demokrat: Hasil Survei, Anies-AHY Hampir Tak Tertandingi
Belum Deal Nama Capres, Alasan Koalisi NasDem-Demokrat-PKS Belum Deklarasi
PKS Mendekati Golkar, NasDem: Koalisi Masih Bisa Goyang Dumang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini