Nama Menteri dari PDIP Sudah di Kantong Megawati

Jumat, 9 Agustus 2019 13:42 Reporter : Merdeka
Nama Menteri dari PDIP Sudah di Kantong Megawati Megawati kembali terpilih menjadi ketua umum PDI Perjuangan. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk memberikan kursi menteri terbanyak pada partainya di kabinet mendatang. Bahkan sejumlah nama telah disiapkan PDIP untuk diberikan kepada Jokowi.

"Ya nama-nama sudah ada dong. Partai sebesar ini, masa enggak punya nama. Ya banyak (nama yang bisa jadi menteri)," kata Ketua DPP PDIP demisioner Puan Maharani di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Jumat (9/8).

Dia mengungkapkan, nama-nama tersebut sudah disiapkan oleh Megawati. Bahkan nama-nama tersebut sudah dibahas secara terbatas dan tertutup.

"Nama sudah ada di kantong Ketua Umum. Kita juga sudah membahas terbatas tertutup. Ya tapi nantilah. Masih Oktober. Kan masih lama," ungkapnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu berkelakar jumlahnya bisa saja lebih dari 10 menteri.

"Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin Presiden bilang bahwa insyaAllah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak. Karena memang suaranya lebih banyak. Dan merupakan partai pemenang pemilu," jelasnya.

Soal adanya partai yang mencibir mengenai jumlah menteri, Puan menilai, itu merupakan hal biasa. Karena, dia mengatakan, semuanya dapat dilihat dari perolehan suara di Pemilu 2019.

"Itu kan hak semua parpol. Ada yang ikhlas, enggak ikhlas. Ya nanti kita lihat saja dari hasil perolehan suara di Pemilu. Parpol ikut Pemilu itu untuk bisa meraih suara terbanyak dari rakyat, mendapat kepercayaan dari rakyat, kalau sudah dapat untuk apa? Ya membantu pemerintahan dalam mensejahterakan rakyat, ya kita harus masuk ke kabinetnya enggak bisa di luar teriak-teriak. Kita harus bisa masuk di dalamnya," katanya.

Puan juga menepis kabar yang mengatakan adanya pembahasan menteri dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Kongres PDIP.

"Ya enggaklah. Masa setiap duduk, ngomongin menteri," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini