Musyawarah Spesial Antara Bamsoet dan Muzani Menentukan Ketua MPR

Kamis, 3 Oktober 2019 16:26 Reporter : Ahda Bayhaqi
Musyawarah Spesial Antara Bamsoet dan Muzani Menentukan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. ©2017 Merdeka.com/Sania Mashabi

Merdeka.com - Calon pimpinan MPR dari PKS Hidayat Nur Wahid mengungkapkan, delapan fraksi sudah bulat mendukung Bambang Soesatyo dari Golkar sebagai ketua MPR. DPD belum definitif tetapi cenderung mengusulkan nama Bambang Soesatyo.

Hanya Gerindra yang masih ngotot mencalonkan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR. Karena hanya tinggal berdua, Bamsoet dan Muzani melakukan musyawarah spesial.

"Karena tinggal berdua saja diusulkan musyawarah spesial antara Pak Bambang dan Pak Muzani itu yang sudah dilakukan sudah terjadi," kata Hidayat usai forum lobi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).

Hidayat menceritakan proses lobi-lobi di dalam. Dia berkata, tiap fraksi menyampaikan pendapatnya. Secara berurutan yang menyampaikan adalah PDIP, Golkar, PKB, Nasdem, PAN, Demokrat, PKS, PPP, DPD, dan terakhir Gerindra.

Delapan dari sepuluh fraksi, termasuk PKS, mendukung Bambang Soesatyo. Kecuali Gerindra yang memiliki calon ketua dan DPD yang belum definitif.

"Realitanya ada 8 fraksi yang sudah mendukung Bambang Soesatyo sebagai ketua. Termasuk PKS di dalamnya," ujar Hidayat.

DPD, meski belum definitif mendukung salah satu calon, kata Hidayat, tidak mengusulkan nama lain di luar Bamsoet.

"DPD akan menyampaikan pendapatnya tapi sepertinya tidak mengusulkan nama ketua di luar bapak Bambang Soesatyo. Sepertinya tidak ungkapannya seperti belum definitif," ujarnya. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini