MPR dan Sekjen Partai Komunis Vietnam bahas peningkatan kerja sama

Selasa, 22 Agustus 2017 16:50 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
MPR dan Sekjen Partai Komunis Vietnam bahas peningkatan kerja sama karpet merah sambut kedatangan sekjen partai komunis Vietnam di gedung DPR. ©2017 Merdeka.com/raynaldo

Merdeka.com - Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) bertemu dengan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong beserta anggota Komite Sentral Partai Komunis Vietnam merangkap Menteri Kabinet Vietnam. Nguyen dan delegasinya diterima oleh Wakil Ketua MPR Evert Ernes Mangindaan.

Pertemuan itu berlangsung singkat dan tertutup. MPR dan Nguyen sebagai perwakilan Vietnam sepakat untuk meningkatkan persahabatan antara kedua negara di masa yang akan datang. Selain menjaga hubungan baik kedua negara, MPR dan Vietnam juga sepakat menciptakan kedamaian di kawasan ASEAN.

"Kami sepakat untuk menjadikan kawasan ASEAN tetap damai, hubungan antarparlemen dan, persahabatan bagus di kawasan ASEAN," kata Mangindaan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/8).

Mangindaan menuturkan, pertemuan itu juga menyoroti masalah batas zona ekonomi ekslusif (ZEE) kedua negara. Saat ini, tim teknis tengah bekerja untuk menyelesaikan masalah ZEE terutama soal sumber daya laut tersebut.

"Bagus juga kalau diselesaikan sehingga bisa menjaga kawasan ini terutama sumber daya ikan. Jadi, bisa memanfaatkan bersama kawasan ini dengan saling menghormati satu sama lainnya," tambahnya.

Eks Menteri Perhubungan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu tak mempermasalahkan kunjungan Nguyen yang berasal dari partai dan negara berideologi komunis. Sebagai negara sahabat, pihaknya menerima Vietnam tanpa melihat latarbelakang ideologi.

"Kami terima sebagai negara sahabat, bukan masalah ideologi. Kalau Ideologi kita Pancasila. Sebagai negara kita bersahabat dengan negara dan bangsa lain, itu sah-sah saja," pungkasnya.

Dalam pertemuan itu Mangindaan didampingi Pimpinan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan di MPR Arwani Thomafi, Pimpinan Fraksi Partai Nasional Demokrat Bahtiar Ali, Pimpinan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Andi Akmal Pasludin, Pimpinan Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat Syarifuddin Suding dan Pimpinan Fraksi Partai Demokrat Linda Megawati, serta Pimpinan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ahmad Basarah. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini