Misi Jokowi Cari Menteri Muda dan 'Peringatan' dari Megawati

Senin, 15 Juli 2019 05:36 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Misi Jokowi Cari Menteri Muda dan 'Peringatan' dari Megawati Jokowi dan Megawati. ©2017 istimewa

Merdeka.com - Di berbagai kesempatan, Presiden Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk memiliki menteri muda di Kabinet Kerja Jilid II. Salah satu alasannya karena anak muda mampu mengikuti perubahan zaman.

"Sekarang ini dan ke depan, diperlukan orang-orang yang dinamis, fleksibel. Mampu mengikuti perubahan zaman yang sangat cepat," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Meski begitu, beberapa pihak khawatir soal kemampuan anak muda masuk dalam pemerintahan. Salah seorang yang khawatir ialah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Lantas apa saja saran Mega soal wacana menteri muda? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Minimal Paham Soal DPR

Wacana mengenai menteri muda dalam Kabinet Kerja Jilid II kian santer diperbincangkan. Wacana ini juga telah sampai ke telinga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Mega menilai bisa saja menteri itu dari kalangan anak muda. Namun sebaiknya dipastikan memang bisa bekerja. Paling tidak paham soal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Kalau tidak tahu proses bikin perundangan, bagaimana? Dan saya suka bilang, (jadi menteri) memang mau mejeng saja? He he. Saya tidak akan menyebut nama. Kita lihat, mereka-mereka yang tidak punya latar belakang di dalam proses menjalankan tata pemerintahan di republik ini, dia fail (gagal)," ujar Megawati, di sela kunjungan kerjanya ke Beijing, China, Rabu (10/7).

2 dari 4 halaman

Siapkan Diri Dengan Baik

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan beberapa saran untuk anak muda yang ingin menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II. Salah satu saran Mega yaitu menyiapkan dirinya dengan baik sebelum masuk ke pemerintahan.

Mega mengaku saat dirinya masuk pemerintahan sudah memiliki pengalaman di DPR dalam membuat perundangan. Oleh karena itu seharusnya anak muda yang ingin menjadi menteri berbekal sama.

"Karena dia akan bingung sebenarnya dia mau bikin apa. Perundang-undangan enggak hafal," kata Megawati, di sela kunjungan kerjanya ke Beijing, China, Rabu (10/7).

3 dari 4 halaman

Menteri Muda Akan Dibantu Menteri Senior

Presiden Jokowi mengisyaratkan jika pada periode kedua pemerintahannya bakal diisi oleh anak-anak muda berusia 20-30 tahun. Meski banyak yang khawatir calon menteri muda tak berpengalaman bekerja di pemerintahan, namun Jokowi menegaskan itu bukan persoalan besar. Mereka bakal dibantu oleh para menteri koordinator yang pengalamannya tak diragukan lagi.

"Kan ada menteri koordinator yang bisa mengkoordinir yang memberikan arahan. Saya kira tidak perlu kekhawatiran seperti itu," kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Megawati Mengaku Belum Ada Ajakan dari Jokowi untuk Bahas Kabinet

Meski telah ramai diperbincangkan soal keinginan Presiden Jokowi memasukkan anak muda di pemerintahan, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku belum ada ajakan untuk membahas posisi menteri. PDIP adalah salah satu partai pengusung Jokowi sebagai presiden.

Menurut Mega, saat ini ia sedang fokus menghadapi kongres partainya. "Belum ada berita. Saya enggak tahu, paling juga nanti dikabari," kata Megawati. [has]

Baca juga:
Jokowi Butuh Menteri Berani
Setuju Kabinet Zaken, Perindo Siapkan Nama Putri Hary Tanoe Jadi Menteri
Pengumuman Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf Lebih Ditunggu Investor
Politikus NasDem Sindir PKB Buat Jokowi Kesulitan Seleksi Calon Menteri
Dukung Jokowi Paling Pertama, Agung Laksono Minta Menteri Golkar Ditambah
Jokowi 'Bocorkan' Komposisi Menteri Kabinet Kerja Jilid II

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini