Minim absen karena hamil, politikus Gerindra protes ke BK DPR

Kamis, 16 Mei 2013 16:34 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Minim absen karena hamil, politikus Gerindra protes ke BK DPR kampanye gerindra. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Putih Sari, menyambut baik langkah badan Kehormatan (BK) DPR yang telah membuka data absensi para legislator sepanjang 2012. Namun, dia kecewa karena pengumuman itu tidak disertai dengan penjelasan atau alasan ketidakhadiran anggota DPR yang bersangkutan.

"Terkesan semua anggota Dewan yang dicantumkan dalam daftar adalah pemalas dan buruk kinerjanya. Langkah BK sendiri patut diapresiasi di tengah desakan publik yang menuntut transparansi kinerja Wakil Rakyat di Senayan," jelas Sari di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/5).

Anggota Komisi IX DPR ini merasa dirugikan akibat tidak adanya penyertaan alasan ketidakhadiran itu.

"Tentu merugikan saya pribadi yang termasuk dalam daftar nama anggota DPR dengan tingkat kehadiran di bawah 50 persen dalam rapat paripurna," imbuhnya.

Dia meminta agar Pimpinan BK untuk memperbaiki rilis daftar kehadiran paripurna selama November-Desember 2012 (Masa Sidang II Tahun Sidang 2012-2013). Perbaikan itu, lanjut dia, mesti disertai keterangan dan alasan.

"Hal ini perlu diluruskan mengingat masalah tersebut menyangkut tanggung jawab saya kepada masyarakat khususnya di daerah pemilihan saya," tegasnya.

Sari mengakui pada Masa Sidang II Tahun Sidang 2012-2013 kehadirannya di sidang paripurna hanya 25 persen. Akan tetapi, itu karena dirinya sedang hamil, bukan bolos tanpa alasan.

"Saya mengaku bahwa selama November-Desember 2012, tingkat kehadiran memang jarang. Hal itu bukan tanpa sebab. Saat itu saya dalam keadaan hamil muda, di mana kondisi fisik sangat lemah akibat hiperemesis berat sehingga harus dirawat inap di rumah sakit selama lebih dari satu bulan," tutur dia.

Terlebih, dia menambahkan, ketidakhadirannya sudah dilaporkan melalui staf pribadi ke Sekretariat BK dan Pimpinan Fraksi Gerindra di DPR.

"Laporan saya disertai dengan surat keterangan sakit dari dokter rumah sakit yang menangani," tandasnya. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Bk Dpr
  2. Gerindra
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini