Meski Punya Calon Sendiri, PKS Solo Buka Peluang Usung Gibran di Pilkada 2020

Jumat, 27 September 2019 12:03 Reporter : Arie Sunaryo
Meski Punya Calon Sendiri, PKS Solo Buka Peluang Usung Gibran di Pilkada 2020 Spanduk Gibran di Kota Solo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Peluang Gibran Rakabuming Raka untuk ikut meramaikan Pilkada Solo 2020 mendatang masih terbuka. Setelah Partai Golkar membuka kesempatan, kini giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memberikan peluang untuk putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada DPD PKS Kota Solo Sugeng Riyanto mengatakan meski sudah mempunyai calon tersendiri, partainya tidak lantas menutup diri terhadap bakal calon lainnya.

"Akan kita coba jajaki kemungkinannya sejauh mana. PKS tidak menutup diri," ujar sugeng saat dihubungi merdeka.com, Jumat (27/9).

Selain Partai Golkar, dua partai yang berpotensi diajak kerjasama untuk mengusung calon sendiri adalah Partai Amanat Nasional dan Partai Gerindra. Ketiga partai tersebut memiliki perolehan yang sama, 3 kursi.

"Yang potensial kita ajak koalisi ada PAN, Gerindra dan Golkar. Minimal kita butuh 9 kursi," katanya.

Sugeng menyampaikan, kriteria bakal calon wali kota yang akan diusung PKS, salah satunya adalah muda. Namun muda yang dia maksud bukan hanya persoalan usia. Selain itu juga memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga memiliki semangat membuka lapangan pekerjaan. Calon wali kota, dikatakannya, juga harus memiliki karya yang bisa dilihat masyarakat.

"Muda atau tua itu relatif. Ada anak muda yang justru jiwanya seperti orang tua. Kalau saya lebih ke substansi, muda dari sisi semangat, melihat perkembangan zaman," terang Wakil Ketua DPRD Solo itu.

Ketua DPD PKS Solo Abdul Ghofar menambahkan, partainya sudah menemukan dua kandidat bakal calon Wali Kota Solo. Keduanya berlatar belakang pengusaha yang masih berusia muda. Meski keduanya bukan Gibran, namun kemungkinan bakal calon wali kota tersebut masih bisa bertambah.

"Berdasarkan penjaringan, ada 2 kandidat calon wali kota, tapi yang didekati bukanlah Gibran. Maaf belum bisa kita sampaikan," katanya.

Menurut dia, PKS sudah melakukan penjaringan dan poling baik dari internal maupun masyarakat. Hasilnya, nama Gibran tidak masuk dalam survei. Saat ini, lanjut dia, PKS memiliki 5 kursi dari 45 kursi di DPRD Kota Solo.

"Saya hampir setiap hari ketemu dengan kawan-kawan partai lain, kami terus melakukan penjajakan," pungkas dia. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini