Menteri-Menteri Jokowi Ini Pilih Mundur, Ada yang Kena Kasus & Jadi Pejabat Lagi

Selasa, 1 Oktober 2019 12:35 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Menteri-Menteri Jokowi Ini Pilih Mundur, Ada yang Kena Kasus & Jadi Pejabat Lagi Imam Nahrawi. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Di penghujung masa jabatan Presiden Jokowi periode pertama, banyak kejutan-kejutan yang muncul. Salah satunya pengunduran diri para menteri Kabinet Kerja.

Menteri-menteri ini memilih mundur karena terpilih menjadi anggota DPR. Tapi ada juga yang tersandung kasus. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Yasonna Laoly

Menteri Jokowi yang memutuskan mundur dari jabatannya ialah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Yasonna mengirimkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertanggal 27 September 2019.

Dalam suratnya, Yasonna memutuskan mundur lantaran akan dilantik sebagai anggota DPR RI pada 1 Oktober 2019. Politikus PDIP itu mundur karena bertentangan dengan Pasal 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

"Hal ini berkaitan dengan terpilihnya Saya sebagai Anggota DPR Republik Indonesia Daerah Pemilihan Sumatera Utara I serta tidak diperbolehkan rangkap jabatan sesuai dengan Pasal 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara yang menjelaskan 'Menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan'," tulisnya dalam surat tersebut, Jumat (27/9).

2 dari 4 halaman

Puan Maharani

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, terpilih menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Dia meraih 404.034 suara dari Dapil Jawa Tengah V.

Dengan terpilihnya sebagai anggota dewan, maka Puan dilarang merangkap jabatan sesuai dengan Pasal 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Puan juga dikabarkan bakal duduk sebagai ketua DPR dalam lima tahun ke depan.

3 dari 4 halaman

Imam Nahrawi

Kemudian, ada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Imam mundur sebagai menpora lantaran tersandung kasus hukum. Dia terjerat kasus suap dana hibah KONI.

Imam Nahrawi memundurkan diri pada Kamis (19/9) dengan memberikan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Presiden Joko Widodo. Jokowi pun membacakan surat pengunduran diri Imam Nahrawi di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Imam menjelaskan perihal mundurnya dirinya sebagai menteri karena ingin fokus menghadapi proses hukum di KPK.

4 dari 4 halaman

Idrus Marham

Idrus Marham menyatakan mengundurkan diri dari jabatan menteri sosial. Pengunduran diri Idrus langsung disampaikan kepada Presiden Joko Widodo di Istana. Idrus mundur karena diduga terlibat kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Dia saat ini menjadi tahanan KPK.

"Yang pertama saya tadi menyampaikan bahwa sebagai bentuk pertanggungjawaban moral saya, maka saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai mensos kepada bapak presiden dengan beberapa pertimbangan," kata Idrus kepada wartawan di Istana, Jakarta, Jumat (24/8/2018). [dan]

Baca juga:
PDIP Sebut Kabinet Jokowi Masuk Tahap Finalisasi Bersama Ketum Partai Koalisi
Dua Menteri Terjerat Korupsi, Presiden Jokowi Ingatkan Penggunaan Anggaran
Diminta Jadi Menteri oleh Jokowi, Adian Jawab Tak Bertalenta Jadi Birokrat
Bertemu Jokowi, Buya Syafii Minta Kabinet Selanjutnya Jangan Bikin Kacau Pemerintah
Demokrat Siap Isi Kursi Menpora, AHY Jadi Figur Terbaik
Jokowi-JK Segera Berakhir, Para Menteri Ini Pamit

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini