Mensesneg sebut Hendropriyono tidak berkenan jadi Wantimpres

Senin, 19 Januari 2015 12:44 Reporter : Putri Artika R
Mensesneg sebut Hendropriyono tidak berkenan jadi Wantimpres Pratikno. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono batal menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Padahal, selama ini, Hendro disebut-sebut akan menduduki kursi Wantimpres karena kedekatannya dengan Megawati Soekarnoputri dan bekas Tim Penasehat Jokowi-JK saat Pilpres lalu.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Hendro beralasan tidak berkenan ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjadi Wantimpres.

"Pak Hendro tidak berkenan karena sudah terlalu lama di bidang pemerintahan," ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/1).

Saat ditanya bagaimana dengan Mooryati Soedibyo, Pratikno mengaku tidak tahu. Mooryati disebut-sebut juga akan menduduki Wantimpres namun hal itu tidak terlaksana.

"Saya kurang tahu kalau Bu Mooryati, yang jelas dalam minggu terakhir, Bu Mooryati ada dalam list. Kita gak tahu (kenapa)," ujarnya.

Padahal, Mooryati kata Pratikno, memiliki kedekatan emosional dengan Presiden Jokowi. "Tentu saja Pak Jokowi punya kedekatan emosional juga dengan Bu Mooryati," ujarnya.

Menurut Pratikno, penunjukan Wantimpres oleh Presiden sudah dilakukan sejak lama. Pratikno tidak mengetahui jika di dalam proses itu Jokowi berubah pilihannya, karena itu merupakan hak prerogatif Presiden.

"Jadi prosesnya, sudah panjang. Jadi saya berani kami, Setneg, berani buat Keppres setelah Pak Presiden katakan, iya. Nah Keppres ditandatangan," ujarnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini