Mengenal Sosok Juliari Batubara, Politikus PDIP yang Jadi Calon Menteri Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 13:27 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Mengenal Sosok Juliari Batubara, Politikus PDIP yang Jadi Calon Menteri Jokowi Juliari Batubara di Istana. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Juliari Batubara jarang terdengar. Namun tiba-tiba ramai diperbincangkan setelah datang ke Istana Negara pada Selasa (22/10) dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Kehadiran Juliari di Istana menyusul dengan dipanggilnya sejumlah tokoh yang diminta menjadi menteri oleh Jokowi. Lalu siapa Juliari Batubara? Berikut profilnya:

1 dari 5 halaman

Lulusan Chapman University

Juliari Batubara merupakan pria kelahiran 22 Juli 1972. Dia sempat mengenyam pendidikan di luar negeri selama 6 tahun. Sejak tahun 1991, Juliari memutuskan untuk mengenyam bangku kuliah di Riverside City College, California, Amerika Serikat. Kemudian pada 1995 dia melanjutkan kembali pendidikannya di kota yang sama dengan memilih Chapman University.

Di kampus itu Juliari mengambil Bussiness Administration with minor in Finance. Juliari lulus dari Chapman University pada tahun 1997.

2 dari 5 halaman

Bekerja di Perusahaan Keluarga

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Juliari Batubara kembali ke tanah air. Dia bekerja di perusahaan yang didirikan ayahnya. Juliari memang disiapkan untuk meneruskan bisnis keluarga.

Meski begitu, dia mengaku hanya digaji Rp 1 juta. "Awalnya saya diajak untuk membesarkan perusahaan keluarga," kata Juliari, dikutip dari wikidpr.org, Selasa (22/10).

3 dari 5 halaman

Jadi Pimpinan Perusahaan

Kemudian Juliari Batubara menjadi pimpinan di beberapa perusahaan. Di antaranya, pada tahun 2005 menjadi Komisaris Utama di PT Tridaya Mandiri, kemudian sempat jadi Direktur Utama di PT Bwana Energy, PT Arlinto Perkasa Buana dan PT Wiraswasta Gemilang Indonesia.

4 dari 5 halaman

Aktif Berorganisasi

Juliari Batubara dikenal sebagai orang yang aktif berorganisasi. Dia sempat menjadi wakil ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM KADIN Indonesia, Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (ASPELINDO), Ketua Biro Promosi & Pemasaran KONI Pusat dan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) serta masih banyak organisasi yang diikutinya.

5 dari 5 halaman

Terjun ke Politik

Dunia politik rupanya menarik perhatian Juliari Batubara. Setelah sukses sebagai pengusaha dia terjun ke dunia politik. Juliari memilih PDIP untuk memulai kariernya di politik.

Di partai berlambang banteng moncong putih itu, dia menjabat sebagai wakil bendahara. Juliari juga duduk di Komisi VI DPR dari Dapil Jawa Tengah I. [dan]

Baca juga:
Jadi Calon Menteri, Fachrul Razi dan Ida Fauziyah Tiba di Istana Negara
Jadi Calon Menteri, Syahrul Yasin Limpo Punya Harta Rp 18,9 Miliar
Siti Nurbaya Kembali Menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Dipanggil ke Istana, Suharso Diminta Jokowi Atasi Jebakan Pendapatan Kelas Menengah
Berprestasi dan Dipercaya Jokowi, Basuki Dinilai Layak Pimpin Kementerian PUPR
Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Presiden PKS Keluarkan Maklumat Tetap di Luar Pemerintah

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini