Mengejutkan, 5 elite parpol ini pindah partai dan nyaleg

Kamis, 19 Juli 2018 06:45 Reporter : Syifa Hanifah
Mengejutkan, 5 elite parpol ini pindah partai dan nyaleg Pengundian nomor urut Parpol peserta Pemilu 2019. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Pendaftaran calon anggota legislatif sudah berakhir hari, Selasa(17/6). Ada 16 partai politik yang telah mendaftarkan calegnya untuk berkompetisi di Pemilu 2019. Terdapat hal yang mengejutkan dalam Pileg 2019.

Berbondong-bondong para elite parpol ini hengkang pindah ke partai lain dan memilih menjadi caleg melalui partai baru. Siapa mereka? ini dia nama-namanya:

1 dari 5 halaman

Haji Lulung

haji lulung. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Usai dipecat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Abraham Lunggana alias Haji Lulung merapap ke Partai Amanat Nasional (PAN). Melalui PAN, Haji Lulung mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) 2019. Wakil ketua DPRD DKI Jakarta akan maju untuk Dapil DKI 3.

"Ada Pak Lulung ya Dapil DKI 3," ucap Ketua DPP PAN Yandri Susanto.

2 dari 5 halaman

Sarifuddin Sudding

Sarifuddin Sudding. ©dpr.go.id

Selain Haji Lulung, tokoh politik yang bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) adalah Sarifuddin Sudding. Sarifuddin Sudding adalah mantan Sekjen Partai Hanura yang sempat bikin gonjang-ganjing kepengurusan Osman Sapta Odang.

"Pak Sudding (Dapil) Sulteng," ungkap Ketua DPP PAN Yandri Susanto.

3 dari 5 halaman

Arif Suditomo

Arif Suditomo. ©2018 Merdeka.com

Partai Hanura mulai ditinggalkan anggota-anggota partainya, ini dampak dari kisruh internal partainya beberapa waktu lalu. Salah satunya yang memilih hengkang dari Partai Hanura adalah Arif Suditomo. Mantan penyiar ini memilih bergabung ke Partai NasDem untuk mendaftarkan diri menjadi calon legislatif (Caleg) 2019.

4 dari 5 halaman

Lucky Hakim

Lucky Hakim ke NasDem. ©2018 Merdeka.com

Kader PAN Lucky Hakim pindah ke Partai NasDem. Kepindahannya sempat ramai diperbincangkan. Karena Ketua DPP PAN Yandri Susanto sempat mengatakan bahwa Lucky 'dibajak' ke NasDem dengan iming-iming uang Rp 2 miliar.

Namun tudingan langsung dibantah oleh Lucky. Menurut Lucky dia secara sukarela pindah ke NasDem tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.

5 dari 5 halaman

Titiek Soeharto

Titiek Soeharto. ©2013 Merdeka.com

Politikus sekaligus anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Siti Hediati Haryadi alias Titiek Soeharto yang pindah ke Partai Berkarya.

Alasan Titiek pindah ke partai besutan adiknya itu karena dia merasa sudah tak lagi sejalan dengan Partai Golkar. Karena itu ia kini maju sebagai caleg dari daerah pilihan (dapil) Yogyakarta dari Partai Berkarya. [has]

Baca juga:
Parpol di Cilacap kesulitan lengkapi kuota 30% perempuan, pendaftar caleg menurun
Diminta Prabowo, Sudirman Said akhirnya maju jadi Caleg Gerindra
Kapitra: Katakanlah umpamanya saya caleg PDIP, lalu saya murtad?
Tak menolak jadi Caleg PDIP, Kapitra Ampera ajukan 3 syarat
PPP tak daftarkan Rommy jadi caleg agar fokus bantu kampanye
Partai Garuda dan PKPI tak daftarkan caleg ke KPU Solo

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini