Menebak Sanjungan dan Cara Pendekatan Jokowi pada AHY

Kamis, 23 Mei 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Menebak Sanjungan dan Cara Pendekatan Jokowi pada AHY Jokowi bertemu AHY. ©2019 Merdeka.com/Supriatin

Merdeka.com - Setahun lalu, tepatnya pada Sabtu 10 Maret 2018, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pernah menyanjung Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sanjungan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara Rapat Pimpinan Nasional Demokrat di Sentul Internasional Convention Center, Sentul, Bogor.

"Sudah orangnya muda, ganteng, dan pintar. Kalau berpakaian juga rapi dan cling," kata Jokowi.

Pujian Presiden Jokowi langsung membuat peserta Rapimnas Demokrat yang hadir saat itu langsung bergemuruh dan bertepuk tangan. Bahkan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) juga langsung tersenyum.

Saat itu situasinya menjelang tahun politik. Arah koalisi Demokrat memang jadi sorotan. Sebab, posisi Demokrat selama ini dikenal hanya sebagai penyeimbang.

Namun dalam acara Rapimnas ternyata SBY memberikan sinyal akan mendukung Jokowi dalam pencalonan presiden pada Pilpres 2019. "Jika Allah menakdirkan, senang Partai Demokrat berjuang bersama bapak," kata SBY kala itu.

Jelang pencalonan Pilpres 2019, peta politik berubah. Demokrat dan Presiden Jokowi yang awalnya mesra, ternyata berbeda haluan dalam pencalonan presiden. Detik-detik terakhir jelang pendaftaran capres-cawapres, SBY akhirnya memutuskan mendukung pasangan calon Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

Berbeda selama masa kampanye, pasca Pemilu 2019 arah politik Demokrat dikabarkan mulai berubah. Kabar ini berembus setelah ada pertemuan khusus antara AHY dengan Presiden Jokowi pasca pemilu. Sinyal-sinyal Demokrat akan masuk barisan koalisi Jokowi makin menguat. Berikut sinyal-sinyal politik akan masuknya Demokrat dalam koalisi Jokowi lewat AHY:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini