Menaruh Harapan kepada Kepala Daerah Baru Tekan Penyebaran Covid-19

Sabtu, 1 Agustus 2020 10:19 Reporter : Dedi Rahmadi
Menaruh Harapan kepada Kepala Daerah Baru Tekan Penyebaran Covid-19 Mendagri Tito Karnavian Kunjungi KPU. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat mengusung tema Pilkada Sebagai Gerakan Perlawanan Covid-19. Tema tersebut diyakini mendorong peserta pemilihan kepala daerah beradu strategi dan bertindak menekan penyebaran virus korona.

"Ini momentum emas dalam rangka menurunkan penyebaran covid-19," kata Mendagri Tito Karnavian, Kamis, 30 Juli 2020.

Tito berharap calon kepala daerah beradu argumen untuk mencari solusi penanganan covid-19 untuk daerahnya maupun nasional. Dia mengatakan, adu argumen tersebut akan membantu masyarakat dalam menentukan pilihannya dalam Pilkada Serentak 2020.

Wacana Tito dan KPU disambut positif. Koordinator Nasional Jaringan Islam Kebangsaan (JIK) Irfaan Sanoesi menilai adu argumen tersebut dipercaya akan memunculkan pemimpin daerah yang cakap dana membantu pemerintah pusat dalam penanganan corona.

"Patut didukung bersama karena akan memacu daerah-daerah all out untuk menekan penyebaran covid-19," ujar Irfaan.

Menurut dia, pemerintah daerah harus siap membantu pemerintah pusat untuk menangani wabah ini. Calon terpilih pada Pilkada 2020 harus siap 'bertarung' melawan korona usai menjabat.

"Para kontestan mesti pandai memetakan problematika di daerah dengan permasalahan yang terjadi saat ini, mengintegrasikan persoalan ekonomi dengan kondisi kesehatan masyarakat di tengah pendemi. Dengan begitu, mereka akan memacu kreativitas merebut suara publik," jelas dia.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Umum Milenial Muslim Bersatu (MMB), Khairul Anam yang mendorong Pilkada Serentak 2020 menjadi gerakan melawan covid serentak dari akar rumput hingga elit. Jika gerakan ini berhasil, maka Pilkada Serentak 2020 akan dikenang sebagai pesta demokrasi yang menjaga kemanusiaan.

"Rakyat akan pilih calon Kepala Daerah yang paling responsif, solutif terhadap Gerakan Lawan Covid 19 ini, semua jenis kampanye akan diarahkan untuk lawan Covid-19," kata dia.

"Jika itu terjadi maka masa kampanye Pilkada Serentak 2020 akan jadi ajang kampanye akbar dan massif melawan Covid-19," tambah dia. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini