Menanti pertemuan SBY-Prabowo putuskan siapa cagub Jabar yang diusung

Rabu, 1 November 2017 06:15 Reporter : Andrian Salam Wiyono, Iqbal Fadil
Menanti pertemuan SBY-Prabowo putuskan siapa cagub Jabar yang diusung Pertemuan SBY dan Prabowo di Cikeas. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Selain PPP, PKB, dan Nasdem yang sudah resmi mendukung Ridwan Kamil sebagai cagub Jabar, tujuh partai lain hingga kini belum memutuskan pilihan siapa cagub yang akan diusung. Poros baru Gerindra dan Demokrat hingga kini belum menemukan titik terang. Pertemuan dua ketua umum yakni SBY dan Prabowo Subianto dinilai akan menjadi kunci.

Ketua DPD Demokrat Jawa Barat Iwan Ridwan Sulandjana ketika dikonfirmasi, mengaku akan segera menghadap SBY untuk membahas Pilgub Jabar. "Kita dalam waktu minggu ini akan ketemu dulu dengan Pak SBY," kata Iwan pada wartawan, Selasa (31/10).

Dia mengatakan, sejauh ini Partai Demokrat masih cukup intensif melakukan komunikasi dengan Gerindra. Intensifnya koalisi dengan Gerindra, mengingat poros baru yang dibentuk sudah mulai ditinggalkan beberapa partainya seperti PAN dan PPP. PAN saat ini sudah menentukan sikap dengan mendukung Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Adapun PPP sudah menambatkan pilihannya pada bakal calon gubernur lainnya, Ridwan Kamil.

"‎‎Kita dengan Gerindra sudah solid, apa nanti mau mendukung atau apa. Tinggal Prabowo dan SBY ketemu, setuju atau tidak. Kalau enggak setuju ya koalisi bubar," ungkapnya.

Dia tidak mempermasalahkan, dua partai sebelumnya yang sempat berkomitmen untuk bersama-sama di Pilgub Jabar malah meninggalkan poros tersebut.

"Kalau PAN usulkan Deddy Mizwar enggak ada masalah. Kalau dengan Gerindra apa setuju atau tidak? Karena mereka maunya Pak Burhanudin dan Mulyadi. Makanya harus ada lobi, kalau tidak setuju kan harus berubah koalisi, karena selama ini kita enggak koalisi dengan PKS," jelas Iwan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, semua nama yang muncul akan dipertimbangkan oleh Demokrat, termasuk Deddy Mizwar. Bahkan, Partai Demokrat lebih intensif berkomunikasi terkait Pilgub Jabar dengan Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut.

"Jawa Barat pun mendapat ruang publik yang cukup intensif didiskusikan. Termasuk Deddy Mizwar. Kami berkomunikasi dengan intensif," kata Hinca di Kantor Kemendagri, Jakarta pusat, Selasa (31/10).

Namun, Hinca menegaskan bahwa nama Demiz bukan sesuatu yang baru bagi Partai Demokrat. Sebab itu, dia meminta tidak ada yang perlu dibesar-besarkan jika Demokrat berkomunikasi dengan Demiz. "Untuk diketahui, Pak Deddy Mizwar itu bukan orang baru bagi Demokrat. Dia termasuk bagian lahirnya partai ini," ujarnya.

"Kalau pun nanti dia sering berkomunikasi dengan kita, judulnya itu, kalau dia kan aktor ya, 'Kembalinya Si anak Rantau'."

Demokrat, kata Hinca, juga tengah mempertimbangkan nama dari kadernya untuk maju di Pilgub Jabar 2018. Mulai dari Dede Yusuf hingga Iwan Sulandjana yang merupakan Ketua DPD Demokrat Jawa Barat.

"Tentu kami punya kader dari dalam. Ada Dede Yusuf, Iwan Sulandjana dan kawan-kawan yang lain," ujarnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini