Menakar Peran Pemuda Pancasila di Belakang Anies Baswedan Jelang 2024

Senin, 3 Oktober 2022 07:49 Reporter : Merdeka
Menakar Peran Pemuda Pancasila di Belakang Anies Baswedan Jelang 2024 Japto S Soerjosoemarno. antara

Merdeka.com - Pemuda Pancasila (PP) menyatakan siap berdiri di belakang Anies Baswedan jelang Pilpres 2024. Hal itu disampaikan sendiri oleh Ketua Umum PP Japto Soerjosoemarno.

"Jadi, kewajiban kader PP (dalam) Pilpres 2024, kalau namanya (Anies) terpilih, wajib pilih beliau," ujar Japto dalam peresmian Kantor Majelis Pimpinan Nasional (MPP) Pemuda Pancasila (PP) di Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta, Minggu (2/10).

PP merupakan organisasi masyarakat (Ormas) pertama yang secara terang menyatakan dukungannya dalam Pilpres 2024. Lantas, peran apa yang nantinya akan diambil PP atas keputusannya tersebut.

Pengamat Politik, Airlangga Pribadi mengatakan dukungan terhadap Anies Baswedan dinilai sebagai langkah yang dapat memecah kebekuan peta capres.

"Itu menunjukkan PP menjadi ormas yang memecah kebekuan dengan menunjukkan posisi politiknya pada Pilpres 2024," ungkapnya kepada wartawan saat dihubungi, Jakarta, seperti dikutip Antara.

Hingga saat ini, Airlangga menyebut, belum ada organisasi kemasyarakatan (ormas) yang menunjukkan sikap politik yang jelas terkait Pilpres 2024.

"Selama ini ormas meskipun sudah mulai melirik tokoh calon tapi belum menunjukkan posisi politiknya yang jelas ke publik," ujarnya.

Oleh karena itu, Airlangga mengatakan, sikap PP patut diapresiasi karena sudah memulai langkah lebih awal dengan sikapnya tersebut.

"Pemuda Pancasila akan memancing respon dari ormas lainnya untuk menentukan pilihan," katanya. [rhm]

Baca juga:
Anies Ungkap Isi Surat Perpisahan dari Warga Jakarta
Respons Anies Soal Kabar Diusung Jadi Capres dari NasDem
Anies: Duka Tak Terperi atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan
Bima Arya Puji Kinerja Anies Baswedan
Ridwan Kamil: Kalau Takdir Ada di Pak Anies, Kita Dukung Jadi Presiden
Besok, Anies Baswedan Resmikan Kampung Gembira Gembrong
Anies Baswedan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini