Menakar Peluang AHY Jadi Calon Menteri Jokowi

Senin, 15 Juli 2019 06:30 Reporter : Syifa Hanifah
Menakar Peluang AHY Jadi Calon Menteri Jokowi Jokowi bertemu AHY. ©2019 Merdeka.com/Supriatin

Merdeka.com - Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY santer disebut bakal masuk dalam kabinet Jokowi- Ma'ruf Amin. Ini lantaran AHY kerap mondar mandir bertemu Jokowi di Istana Negara.

Jokowi sendiri tidak menutup peluang jika AHY masuk dalam kandidat menteri Jokowi. Terlebih AHY masuk dalam kriteria menteri Jokowi yang muda dan berprestasi.

Mungkinkah AHY berpeluang menjadi kandidat menteri Jokowi? Berikut ini ulasannya:

1 dari 3 halaman

AHY Dekat dengan Jokowi

Jokowi membuka peluang bagi anak muda berprestasi masuk dalam kabinetnya, termasuk AHY. Saat ditanya apakah nama AHY termasuk? "Kenapa tidak?" jawab Jokowi beberapa waktu lalu.

Terlebih AHY oleh beberapa pihak dinilai cocok menjadi menteri Jokowi. Karena sesuai dengan kriteria Jokowi mencari sosok menteri muda, pintar dan prestasi.

Terlebih AHY terlihat dekat dengan Presiden Jokowi. Hal ini terlihat beberapa kali AHY bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada 2 Mei 2019 lalu. AHY mengaku sempat membahas soal politik dengan Jokowi. Dalam pertemuan itu keduanya sepakat untuk menghormati proses penghitungan Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kemudian pada 22 Mei 2019, AHY kembali bertemu dengan Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan, Jokowi meminta AHY jadi jembatan komunikasi dirinya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Bapak Presiden Jokowi meminta saya jadi jembatan komunikasi dengan SBY," kata AHY saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/5).

2 dari 3 halaman

Jika Diminta, AHY Siap Jadi Menteri

Sementara itu, politikus Partai Demokrat Roy Suryo angkat bicara tentang wacana Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan diangkat menjadi menteri di pemerintahan Jokowi- Ma'ruf Amin. Menurut Roy, AHY siap untuk menjadi menteri jika dipilih oleh Jokowi.

"Kalau memang beliau (AHY) diminta bergabung (menjadi menteri Jokowi), menurut saya beliau sudah sangat siap," ujar Roy, Kamis (11/7).

Meskipun demikian Roy menyebut jika siapapun yang akan dipilih menjadi menteri sepenuhnya adalah kewenangan dari Jokowi. Roy menilai jika sebagai presiden terpilih, Jokowi memiliki hak prerogatif memilih tokoh yang akan diangkat menjadi menteri.

3 dari 3 halaman

Menunggu Sikap Demokrat

Walau AHY digadang-gadang menjadi calon menteri Jokowi, namun langkah AHY tidak mudah. Hal ini karena Demokrat belum menentukan sikap politik apakah menjadi oposisi atau memilih bergabung ke koalisi Jokowi. Sikap politik Demokrat akan ditentukan oleh Majelis Tinggi yang akan memutuskan sikap politik Demokrat.

"Semalam, Sekjen juga sudah menyampaikan bisa dimulai pembicaraan-pembicaraan mulai internal dulu. Tapi intinya Demokrat punya satu sistem, dan sistem itu akan ditentukan oleh majelis tinggi kami," ujar politikus Partai Demokrat Roy Suryo. [has]

Baca juga:
Roy Suryo: Jika Diminta, AHY Siap Jadi Menteri
Sekjen Demokrat: Tudingan FKPD Soal Kogasma Ilegal Keliru dan Tidak Berdasar
Melihat Peluang AHY Pimpin Demokrat

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini