Melihat Peluang Puan Maharani Menjadi Ketua DPR

Rabu, 15 Mei 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Melihat Peluang Puan Maharani Menjadi Ketua DPR Puan Maharani Imbau Mahasiswa Tidak Apolitik. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - PDIP diprediksi akan mulus mendapatkan kursi Ketua DPR hasil Pemilu 2019. Apalagi berdasarkan UU MD3 terbaru pada tahun 2018, posisi kursi ketua DPR akan diisi oleh partai yang memperoleh kursi terbanyak di DPR.

Jika melihat hasil quick count beberapa lembaga dan hasil real count sementara, PDIP yang memiliki peluang besar. PDIP diprediksi memperoleh suara dengan presentase di kisaran 19-20 persen. Perolehan PDIP yang tertinggi dibanding dengan partai-partai lain.

Salah satu nama yang digadang-gadang bakal menjadi Ketua DPR adalah Puan Maharani. Puan menjadi kandidat kuat sebagai Ketua DPR. Apalagi dalam Pemilu 2019 Puan kabarnya meraup suara tertinggi. Bagaimana peluang Puan Maharani menjadi Ketua DPR? Ini ulasannya:

1 dari 4 halaman

Puan Berpeluang Jadi Ketua DPR

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut putri Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani adalah sosok paling berpeluang menjadi Ketua DPR RI.

"Puan Maharani memang kader PDIP yang paling berpeluang untuk menjadi Ketua DPR RI," kata Basarah kepada wartawan, Senin (13/5) malam.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan, legitimasi Puan sebagai calon Ketua DPR diperkuat dengan perolehan suara di Pileg 2019. Puan, kata Basarah memecahkan rekor perolehan suara tertinggi sebanyak 420 ribu suara.

"Pergaulan dan interaksi politik Puan dengan berbagai kalangan sosial politik juga sangat luas dan baik. Dia kader partai yang paling dipercaya untuk urusan-urusan publik saat ini," jelas Basarah.

2 dari 4 halaman

Puan Berpengalaman di Dunia Politik

Puan Maharani menjadi kandidat kuat Ketua DPR periode 2019-2024. Puan dinilai memiliki banyak pengalaman khusus di dunia politik, selain itu Puan juga memiliki sikap pemimpin.

"Kompeten dan memahami seluk-beluk kedewanan. Ketiga, memiliki jaringan relasi yang luas," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.

Sebagai informasi, Puan berpengalaman di eksekutif sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Sedangkan pengalaman di legislatif, Puan menjabat Ketua Fraksi PDIP di DPR RI periode 2009-2014.

3 dari 4 halaman

Banjir Dukungan

Puan Maharani digadang-gadang menjadi kandidat kuat ketua DPR. Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan akan mendukung Puan Maharani sebagai calon penggantinya pada periode 2019-2024 apabila Puan ditunjuk oleh PDI Perjuangan. Menurutnya, sosok Puan sangat berkompeten menjadi ketua DPR.

"Kalau PDIP menunjuk Puan harus kita dukung. Itu ketentuan politiknya dan saya setuju," ujar Bamsoet.

Kemudian dukungan juga mengalir dari Partai NasDem. Sekjen Partai NasDem, Johnny G Plate menilai, Puan layak menduduki kursi Ketua DPR. Pihaknya siap mendukung siapa saja calon yang akan diajukan PDIP sebagai Ketua DPR periode 2019-2024.

"Salah satu tokoh yang memang mumpuni di PDIP adalah Ibu Puan, yang juga memperoleh suara terbesar di Indonesia dalam Pileg kali ini. Nah, recognition itu harus kita hormati," kata Plate di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (13/5).

Dia menilai, Puan cukup memiliki kompetensi dan kaya pengalaman. Apalagi Puan juga merupakan salah satu tokoh sentral di internal PDIP. "Dari sisi kompetensi saya kira, sudah tour of duty, sudah ke mana-mana. Ibu Puan juga tokoh sentral di PDIP. Ibu Puan juga dari sisi reward politik memperoleh suara terbesar dari seluruh Pileg. Kalau itu saya kira normal, wajar, akan membuat warna baru di parlemen," jelas Plate.

4 dari 4 halaman

Menunggu Keputusan Megawati

Walau Puan Maharani menjadi kandidat kuat Ketua DPR, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan keputusan akhir tetap berada di tangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Basarah menyebut keputusan siapa yang menjadi Ketua DPR merupakan hak prerogatif Megawati sebagai ketua umum. "Sebaiknya kita tunggu saja bagaimana keputusan Bu Mega dalam waktu yang paling tepat," ujar Basarah.

[has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini