Megawati Minta Kader Semangat Jalankan Ideologi Partai

Minggu, 30 Mei 2021 16:44 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Megawati Minta Kader Semangat Jalankan Ideologi Partai Megawati Resmikan 25 Kantor PDIP. ©2021 Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali meresmikan 25 kantor baru partainya di beberapa daerah, Minggu (30/5). Dia menandatangani 25 prasasti peresmian kantor PDIP ditemani Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

3 kantor pertama yang diresmikan ialah setingkat Dewan Pengurus Daerah (DPD) alias provinsi. Yakni kantor DPD PDIP Kalimantan Timur, DPD PDIP Sulawesi Tengah, dan DPD PDIP Maluku.

Selanjutnya, ada 16 wilayah untuk kantor setingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC) atau kabupaten/kota. Yakni DPC PDIP OKU Timur, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Kapuas, Barito Utara, Pulang Pisau, Pamekasan, Kota Tangerang Selatan, Sukoharjo, Murung Raya, Bojonegoro, Kota Tasikmalaya, Kota Metro, Brebes, Barito Selatan, dan Tapanuli Utara

Sedangkan, ada 6 kantor partai setingkat kecamatan alias Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP di Sukoharjo, Jawa Tengah. Yakni di PAC Sukoharjo, PAC Nguter, PAC Bulu, PAC Weru, PAC Polokarto, dan PAC Mojolaban.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya resmikan kantor partai," kata Megawati di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (30/5).

"Alhamdulilah kantor partai sudah bisa dibangun oleh pengurus anak cabang partai. Semoga daerah lain pun bisa mengikuti. Kantor partai itu diizinkan sesuai struktur partai. Kalau bisa sampai anak ranting," imbuh Megawati.

Megawati berharap, dengan peresmian kantor ini, maka secara fisik PDIP akan semakin bertambah dan makin maju. Menurutnya, dengan adanya kantor fisik itu, seluruh kader akan selalu bekerja dan bergiat.

"Bayangkan jika tanpa itu, bagaimana kita bertemu? Padahal saya sudah instruksikan rapat partai harus selalu dilakukan berjenjang," katanya.

Megawati menyebut, pembangunan kantor ini penting. Sebab, sebagai petugas partai, tiap kader PDIP tak bisa lagi melangkah maju sebagai dirinya pribadi. Namun, bagian dari sebuah organisasi politik yang berideologi Pancasila.

"Asal kita bergotong royong, sekali lagi kalau bergotong royong, saya yakin bisa dicapai (pembangunan kantor baru). Bayangkan sekarang kita punya 50 lebih kantor, dari kita yang sebelumnya tak punya apa-apa," kata dia.

"Saya ingin kantor itu agar para kader bersemangat dalam menjalankan ideologi. Sebab banyak masalah rakyat yang sampai sekarang belum selesai," pungkasnya.

Sementara, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan seluruh struktur pengurus partai dari seluruh Indonesia juga mengikuti acara itu. Juga para kepala daerah serta wakil kepala daerah, dan anggota DPR/DPRD seluruh Indonesia.

"Jadi ini sekalian konsolidasi partai se-Indonesia," kata Hasto.

Dia bilang, peresmian ini adalah rangkaian yang ketiga. Sebelumnya, pada 22 Juli 2020, ada 20 kantor baru yang diresmikan partai di 4 provinsi, dan 16 kabupaten/kota. Lalu bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, kembali diresmikan 13 kantor, 1 Patung Soekarno dan 1 sekolah partai. Salah satunya adalah kantor partai yang megah di Yogyakarta, kota kelahiran Megawati.

Hasto menambahkan, bahwa sejak awal, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri selalu mengajarkan kantor partai sebagai pusat perjuangan. Seluruh keputusan dan langkah strategis diambil di kantor partai.

"Kita bersyukur konsolidasi menyeluruh terus dilakukan di kantor partai. Agar bagaimana PDI Perjuangan terus mengakar dalam seluruh nafas kehidupan kerakyatan," pungkas Hasto.

Hadir dalam acara ini Ketua DPP yang juga Menkumham Yasonna Laoly dan Ahmad Basarah yang juga Wakil Ketua MPR. Hadir juga Wasekjen yang juga Ketua Fraksi PDIP di DPR, Utut Adianto. Dan dua Ketua DPP yaitu Djarot Saiful Hidayat dan Sukur Nababan.

Kemudian, Bendahara Umum Olly Dondokambey serta Wakilnya Rudianto Tjen. Selain itu, ada Ketua DPP PDIP seperti Prananda Prabowo, Puan Maharani, Ribka Tjiptaning, I Made Urip, Bambang Wuryanto, Hamka Haq, Tri Rismaharini, Sri Rahayu, dan Wiryanti Sukamdani. Begitupun dua wasekjen lainnya, Sadarestuwati dan Arif Wibowo. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini