Megawati Ingatkan Anggota Dewan dari PDIP Tak Malas Turun ke Lapangan Temui Rakyat

Jumat, 22 November 2019 15:39 Reporter : Merdeka
Megawati Ingatkan Anggota Dewan dari PDIP Tak Malas Turun ke Lapangan Temui Rakyat Megawati Berikan Pengarahan pada Sekolah Pimpinan Dewan PDIP. ©2019 Liputan6.com/Yopi

Merdeka.com - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pengarahan pada Sekolah Pimpinan Dewan PDIP Gelombang I di kawasan Tapos, Depok, Jumat (22/11). Megawati tiba sekitar pukul 14.25 WIB dengan mengenakan baju serba merah khas simbol warna partainya.

Presiden ke-5 Indonesia itu juga membuka sekolah pimpinan dewan yang dilakukan secara tertutup. "Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim maka ini sekolah pimpinan dewan gelombang pertama dengan resmi saya buka," ucap Megawati diikuti dengan ketukan palu beberapa kali.

Menurut dia, sekolah pimpinan dewan itu diperlukan guna membentuk karakteristik dewan yang ideal layaknya seorang pimpinan. Karena beberapa kali dia melihat anggota dewan yang terkesan malas-malasan untuk turun ke lapangan.

"Saya pernah menjadi anggota DPRD. Dan pada waktu itu dapil itu satu provinsi. Kalau lihat sekarang, anak buah saya satu dapil cuma beberapa kabupaten sudah lemas," ucap dia.

Mega mengatakan bahwa resep paling ampuh untuk menjadi anggota dewan adalah turun ke masyarakat untuk mengonsolidasikan mereka. "Saya katakan berkali-kali tidak pernah lupa saya katakan, kalau kalian mau menjadi (anggota) legislatif maka resep itu adalah turun ke bawah," tegas dia.

Di samping itu, dengan adanya sekolah pimpinan dewan ini, kata Megawati supaya mereka kader PDIP yang duduk di dewan memahami hak dan kewajiban di partainya.

"Dan kita memang ada sekolah partai supaya tahu kewajiban yang boleh dan tidak," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Sekolah Digelar Dua Gelombang

Sementara Ketua DPP Bidang Keanggotaan dan Organisasi PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan, sekolah ini akan dilaksanakan sebanyak dua gelombang.

Mereka yang ikut dalam gelombang pertama karena sudah menyelesaikan pembahasan Rancangan Anggaran Pembelanjaan Daerah (RAPBD) sudah selesai dan atau akan selesai.

"Sedangkan yang ikut gelombang kedua sekarang masih proses rapat-rapat pembahasan RAPBD di daerahnya masing-masing," kata dia.

Gelombang dua, lanjut Djarot, akan dilakukan pada 6 hingga 8 Desember mendatang. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pada seluruh pimpinan dewan kader PDIP menyangkut tugas dan dan kewajibannya.

"Dan tujuannya bagaimana mereka semua bisa mengaplikasikan ideologi Pancasila di dalam praktek dan untuk bagaimana mewujudkan visi misi Presiden dan Wakil Presiden Maruf Amin di daerah," jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

"Karena bagi PDIP, program-program nasional itu harus nyambung dengan program yang ada di daerah sehingga ada kesatuan, ada sinergi untuk percepatan mewujudkan visi misi secara nasional," lanjut Djarot.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [bal]

Baca juga:
Hasto Beri Motivasi ke Caleg PDIP Gagal: Tak Boleh Menyerah
Polemik Pilkada Asimetris Usulan Mendagri Tito Karnavian
Wali Kota Solo Setuju Wacana Pemilihan Kepala Daerah Melalui DPRD
Mengenal Pilkada Asimetris Usulan Tito Karnavian
Sekjen PDIP Nilai Mahasiswa Sudah Gelisah Masalah Intoleransi
Sekjen PDIP Tegaskan Ahok Tak Perlu Keluar Partai Jika Jadi Bos BUMN

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini