Massa Kawal KIB Ricuh, Airlangga dan Zulhas Terhimpit Sampai Sulit Masuk KPU

Rabu, 10 Agustus 2022 11:06 Reporter : Alma Fikhasari
Massa Kawal KIB Ricuh, Airlangga dan Zulhas Terhimpit Sampai Sulit Masuk KPU Airlangga dan Zulkifli Hasan Terhimpit Massa di KPU. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Golkar, PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kompak melakukan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2024 ke KPU, Rabu (10/8).

Pendaftaran KIB diiringi pawai marawis, marching band, tarian tradisional hingga penampilan Reog Ponorogo dan ratusan simpatisan dari masing-masing partai politik.

Dari pantauan merdeka.com, pawai berjalan dari Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat menuju Kantor KPU sekitar pukul 10.00 WIB.

"Selamat datang Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, selamat datang Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan selamat datang Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa," kata Ketua Umum Barisan Muda PAN, Sigid Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu menggunakan pengeras suara dan disambut tepuk tangan oleh para kader.

Sesampainya di depan Kantor KPU, terjadi kericuhan massa dari ketiga partai dengan petugas pengamanan KPU. Massa memaksa masuk ke kantor KPU untuk mengawal pendaftaraan.

Kericuhan itu sempat membuat Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa terhimpit massa sampai sulit untuk masuk ke dalam Kantor KPU.

"Yang tidak memiliki id card, dilarang masuk," teriak salah satu petugas pengamanan KPU.

Pengamanan dari masing-masing ketua umum KIB sempat kesulitan untuk membukakan jalan. Terlihat ekspresi Airlangga yang kelelahan dan berusaha menerobos massa.

Namun, banyaknya kader dan pengamanan ketua umum dari masing-masing partai akhirnya terjadi aksi saling dorong dengan petugas pengamanan KPU.

2 dari 2 halaman

Ketua DPW DKI Jakarta PAN Eko Patrio membantu menenangkan massa yang ricuh. Kondisi di depan kantor KPU berangsur kondusif.

"Tenang, semua tenang jangan dorong-dorong," kata Eko di lokasi.

Turut mendampingi, Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung; Wakil Ketua Umum Nurul Arian, Ketua DPP Zulfikar Arse Sadikin; Ketua Ace Hasan Syadzily.

Wakil Ketua Umum Meutya Hafid; Sekretaris Jenderal Lodewijk F. Paulus; Ketua Bidang Keuangan dan Pasar Modal Mukhamad Misbakhun; Ketua Kosgoro 1957 Dave Laksono, dan Ketua Bidang Hukum Adies Kadir.

Sementara dari PAN dan PPP yang terlihat Wakil Ketua Umum PPP, Amir Uskara; Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Irvan Herman; Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. [ray]

Baca juga:
Pawai KIB Daftar ke KPU, Jalan Imam Bonjol Menuju Bundaran HI Ditutup Sementara
Daftar Bareng 3 Partai KIB, PSI: Ada Tanda Alam untuk Koalisi
Semringah Giring Daftarkan PSI Jadi Calon Peserta Pemilu 2024
Diiringi Musik Dangdut, PSI Daftar Peserta Pemilu ke KPU

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini