Masinton sebut Rini berkewarganegaraan ganda, wajib dicopot

Senin, 29 Juni 2015 22:47 Reporter : Rizky Andwika
Masinton sebut Rini berkewarganegaraan ganda, wajib dicopot Menteri BUMN Rini Soemarno. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Politikus PDIP, Masinton Pasaribu mendesak Presiden Joko Widodo segera menendang Rini Soemarno dari posisinya sebagai Menteri BUMN. Sebab, kata dia, Rini memiliki kewarganegaraan ganda.

"Presiden harus bersikap karena negara kecolongan. Harus dievaluasi, ya digantilah," kata Masinton di Jakarta, Senin (29/6).

Masinto menyebut dalam UU, tidak dapat dibenarkan seorang pejabat negara memiliki kewarganegaraan ganda. Apalagi, Rini diketahui sudah dua kali menjadi menteri. Sehingga, kata dia, negara sudah kecolongan dua kali membiarkan orang yang memiliki kewarganegaraan ganda duduk sebagai menteri.

"Tidak boleh warga negara ganda karena loyalitasnya harus tunggal, harus ke NKRI. Negara kecolongan karena itu seharusnya BIN sudah menverifikasi status kewarganegaraan Rini sejak awal. Rini sudah dua kali jadi menteri yang kecolongan BIN," katanya.

Rini Soemarno diketahui lahir di Maryland, Amerika Serikat, 9 Juni 1958. Amerika Serikat adalah penganut prinsip kewarganegaraan ius soli, yakni hak kewarganegaraan individu berdasarkan wilayah tempat dia dilahirkan. [tyo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini