Ma'ruf Amin: Saya Tak Merasa Pantas Dipilih Sebagai Cawapres

Rabu, 12 Desember 2018 12:26 Reporter : Merdeka
Ma'ruf Amin: Saya Tak Merasa Pantas Dipilih Sebagai Cawapres Maruf Amin ngobrol bareng wartawan. ©2018 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin masih belum percaya dirinya dipilih oleh Presiden Jokowo sebagai Cawapres di Pilpres 2019. Dia bahkan merasa senang, karena bukan hanya didukung Jokowi, tapi juga parpol dan ormas NU.

"2018 mengesankan, karena tanpa diduga saya terpilih menjadi cawapres. Itu tak diduga, karena saya tak merasa pantas dipilih sebagai cawapres. Artinya dipercaya, bukan hanya oleh presiden (Jokowi), parpol pendukung, dan didukung pengurus pusat NU," ucap Ma'ruf di kediamannya, Jakarta, Rabu (12/12).

Ma'ruf merasa tahun 2018 hal yang sangat luar biasa. Sementara harapan tahun 2019, dia ingin tak hanya menjadi calon, tapi terpilih menjadi wakil presiden pada Pemilu April mendatang.

"Mudah-mudahan," imbuh pria yang akrab disapa Abah Ma'ruf itu.

Namun dia menekankan di pilpres dan pileg mendatang tidak boleh terjadi perpecahan dan semua pihak menjaga keutuhan bangsa.

Di sisi lain, diakuinya sedikit merasa kehilangan. Karena sejujurnya, Kiai Ma'ruf mengatakan dirinya sangat menikmati jabatan sebelumnya sebagai Rais Aam Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU). Dengan jabatan itu, dirinya bisa ceramah kemana-mana dan membimbing ratusan juga umat Islam di Indonesia.

Kiai Ma'ruf harus meninggalkan jabatan di NU karena dirinya tak bisa melawan atau melanggar aturan yang ada. Di NU, tak boleh ada rangkap jabatan. Bila di Majelis Ulama Indonesia (MUI), dimana dirinya adalah ketua umum, masih dibolehkan menjabat selama masih jadi cawapres.

"Kalau terpilih jadi wapres, saya harus melepaskan diri dari jabatan ketua umum MUI. Itu aturan saya harus pegang, harus patuh. Tidak boleh menghindar, tidak boleh merekayasa karena kita harus patuh pada aturan," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini