Ma'ruf Amin Persilakan Prabowo-Sandiaga Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK

Selasa, 21 Mei 2019 13:42 Reporter : Merdeka
Ma'ruf Amin Persilakan Prabowo-Sandiaga Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK Pertemuan silaturahmi PBNU dan Maruf Amin. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersyukur dengan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 oleh KPU. Berdasarkan rekapitulasi KPU, paslon Jokowi-Ma'ruf mengalahkan Prabowo-Sandiaga dengan selisih 16,9 juta suara.

"Yang pertama tentu bersyukur alhamdulillah tahapan satu sudah selesai, penetapan," kata Ma'ruf di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Selasa (21/5).

Meski keluar sebagai pemenang Pilpres versi rekapitulkasi suara, Ma'ruf mengatakan tahapan Pilpres belum selesai. Tahapan berikutnya adalah menunggu langkah politik Prabowo-Sandiaga menggugat hasil pilpres di MK.

"Tetapi kan, harus menunggu apakah ada gugatan apa tidak, mudah-mudahan nanti kalau tidak gugatan, tapi kita masih menunggu," ujar Ma'ruf.

Soal ada saksi dari kubu Prabowo-Sandiaga menolak tanda tangan berita acara, Ma'ruf menegaskan agar melihat aturan yang berlaku.

"Saya kira ada aturannya, ada aturan mainnya. Kalau tidak tangan itu menurut aturan sah atau tidak, kan begitu. Nanti yang menentukan kan KPU di Bawaslu. Kalau sudah dia anggap sah, ya berarti walau tidak tanda tangani bisa sah. Tinggal nunggu gugatan, kemudian juga berarti gimana sampai tanggal 24, tunggu lagi. Mudah-mudahan semuanya lancar ya," pungkasnya.

KPU menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional untuk Pilpres 2019 dalam sidang pleno pada Selasa (21/5) dini hari. Hasilnya, Jokowi-Ma'ruf berhasil jadi pemenang Pilpres 2019 mengungguli rivalnya, Prabowo-Sandiaga.

Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan nomor urut dua, 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Pasangan calon nomor urut 01 unggul di 21 provinsi dan pasangan nomor urut 02 unggul di 13 provinsi. Data resmi itu telah disahkan, tertanggal Senin 20 Mei 2019, sekitar pukul 24.00 WIB.

21 Provinsi dimenangkan oleh Jokowi-Ma'ruf adalah Sulawesi Tengah, Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKIJakarta, Sumatera Utara, Maluku, Gorontalo, dan Papua.

Kemudian, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sulawesi Utara.

Sedangkan 13 provinsi sisanya, dimenangkan oleh Prabowo-Sandiaga. Yaitu Bengkulu, Kalsel, Malut, Jambi, Sumsel, Sulteng, Sumbar, Banten, NTB, Aceh, Jabar, Sulsel, dan Riau.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber : Liputan6.com [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini