Ma'ruf Amin Imbau Pendukung Tidak Euforia Berlebihan

Kamis, 18 April 2019 14:16 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ma'ruf Amin Imbau Pendukung Tidak Euforia Berlebihan Maruf Amin. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengimbau pendukungnya tidak euforia berlebihan menanggapi hasil hitung cepat yang memenangkan Jokowi. Seperti Jokowi, dia meminta tunggu pengumuman resmi KPU.

"Kepada masyarakat supaya tidak berlebihan dalam menyambut. Euforia berlebihan terhadap hasil quick count. Kita seneng ya seneng. Tapi jangan berlebihan karena belum final," ujarnya di kediaman Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Adapun alasan Ma'ruf tak ingin ada deklarasi kemenangan karena menghormati KPU. Sebab, yang menentukan kalah menang adalah penyelenggara Pemilu. Dengan begitu, tidak ada sikap mendelegitimasi kedudukan KPU.

"Karena kita ingin menghornati aturan dan tidak ingin mendeligitimasi kedudukan KPU seakan akan KPU tidak kita perhatikan," jelas Mustasyar PBNU itu.

Ma'ruf mengungkapkan, jika belum resmi sudah deklarasi kemenangan, tidak etis. Maka itu pula meski sudah dinyatakan menang hitung cepat lembaga survei, pihaknya tidak ingin sesumbar merayakan kemenangan.

"Kalau kita menyatakan menang sebelum pengumuman resmi. Kayaknya kok tidak etis. Walaupun orang semua sudah tahu kalau quick count itu biasanya itu yang terjadi," ungkapnya.

"Tapi kita ingin menghormati KPU sebagai lembaga," tambah Ketum MUI itu. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini