Manuver Gesit Cak Imin Buru Kursi Ketua MPR

Selasa, 9 Juli 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
Manuver Gesit Cak Imin Buru Kursi Ketua MPR CAK IMIN. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Kursi Ketua MPR tengah jadi rebutan. Salah satu yang mengincar adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Politikus yang dikenal dengan nama Cak Imin itu gerak cepat dan terang-terang mengincar posisi Ketua MPR periode 2019-2024.

"Insya Allah saya Ketua MPR," kata Cak Imin beberapa waktu lalu.

Bahkan Cak Imin mulai mencari dukungan untuk memuluskan langkah menjadi Ketua MPR periode 2019-2024. Ini manuver Cak Imin untuk menjadi Ketua MPR:

1 dari 5 halaman

Minta Bantuan Ma'ruf Amin untuk Duduk Jadi Ketua MPR

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin terang-terang meminta bantuan kepada Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin untuk bisa duduk di kursi ketua MPR. Dia menuturkan, penting bagi PKB mendapatkan posisi itu. Karena, gairah agama Islam tengah meningkat, dan perlu jalan selaras dengan 4 pilar kebangsaan.

"Pasti dong. (Soal lobi-lobi) rahasia. Ya, kami mohon doa restunya agar sukses dalam lobi-lobi pimpinan MPR nanti," ucap Cak Imin di kediaman Ma'ruf, Jakarta, Jumat (5/7).

2 dari 5 halaman

Minta Dukungan ke JK?

Ketum PKB Cak Imin melakukan pertemuan dengan Wapres Jusuf Kalla pada Senin (8/7). Dalam pertemuan tersebut, Cak Imin kabarnya meminta restu ke JK untuk posisi Ketua MPR. Namun Cak Imin menepis hal tersebut.

"Enggak (minta restu)," kata Cak Imin usai bertemu JK di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/7).

Cak Imin mengatakan pertemuan dengan JK untuk melakukan konsultasi manajemen kepartaian. Dia menilai JK berpengalaman dalam mengurus partai politik. "Silaturahmi, konsultasi banyak hal, beliau kan pengalaman di bidangnya. manajemen kepartaian, banyak fungsinya," kata Cak Imin.

Beberapa waktu lalu juga Cak Imin bersilaturahmi ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Namun Cak Imin menepis kunjungannya ke Cikeas membicarakan soal politik.

3 dari 5 halaman

Ma'ruf Amin Dukung Cak Imin Jadi Ketua MPR

Sementara itu, Capres terpilih Ma'ruf Amin mengatakan, akan membicarakan usulan Cak Imin ingin menjadi Ketua MPR kepada Presiden Jokowi dan parpol koalisi. Dia menyampaikan, mendukung jika Cak Imin, sebagai orang dekatnya duduk sebagai Ketua MPR.

"Tentu seperti orang yang dekat dengan saya. Saya dukunglah sebagai Ketua MPR," ungkap Ma'ruf Amin.

4 dari 5 halaman

Cak Imin Jadi Wakil Ketua MPR 2014-2019

Sebelum mengincar posisi Ketua MPR periode 2019-2024, saat ini Cak Imin menjadi Wakil Ketua MPR periode 2009-2019. Cak Imin diangkat menjadi Wakil Ketua MPR RI bersama Ahmad Basarah dan Ahmad Muzani berdasarkan revisi Undang-undang tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3).

Saat Pemilu 2019, PKB memperoleh memperoleh 13.570.097 suara (9,69 persen), atau mendapat 58 kursi di DPR. Mampuhkan suara PKB menghantarkan Cak Imin menjadi Ketua MPR?

5 dari 5 halaman

Aturan Pemilihan Ketua MPR

Pemilihan pimpinan MPR diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Pimpinan dalam Pasal 15 ayat 1 mengatakan pimpinan MPR terdiri dari satu ketua dan 7 orang wakil ketua. Sedangkan ayat 2 mengatakan Pimpinan MPR dipilih dan oleh anggota MPR dalam satu paket yang bersifat tetap.

Kemudian pada ayat 5 pimpinan MPR dipilih secara musyawarah untuk mufakat dan ditetapkan dalam rapat paripurna MPR. Jika musyawarah tidak tercapai, berdasarkan ayat 6 maka pimpinan MPR dipilih dengan pemungutan suara dan yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pimpinan MPR dalam rapat paripurna MPR.

[has]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini