Malam Ini, Jokowi Dijadwalkan Hadir di Puncak Kongres Partai NasDem

Senin, 11 November 2019 07:13 Reporter : Merdeka
Malam Ini, Jokowi Dijadwalkan Hadir di Puncak Kongres Partai NasDem Jokowi dan Surya Paloh. ©Liputan6.com/Lizsa Egeham

Merdeka.com - Kongres Partai NasDem akan berakhir hari ini. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan menghadiri penutupan kongres yang digelar sejak Sabtu (9/11) kemarin di JI-Expo Kemayoran, Jakarta.

"Akan datang, pukul 9 malam ya," ujar Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Fadjroel memastikan hubungan Jokowi dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam keadaan baik-baik saja. Tak elok kemudian, katanya, jika disebut kedekatan keduanya menjadi renggang setelah Surya Paloh menemui Ketua Umum PKS, Sohibul Iman.

"Jadi tidak ada kaitan antara yang kemarin (pertemuan Surya Paloh-Sohibul Iman). Pak Jokowi sudah memastikan akan datang (ke kongres Nasdem)," kata dia.

Dia juga meyakinkan tak ada teguran apapun dari Jokowi atas langkah politik Surya Paloh. "Tidak ada (teguran), ini humor persahabatan, karena ini koalisinya sangat kuat ya sampai hari ini. Koalisi Indonesia Maju juga sangat-sangat kuat," kata Fadjroel.

1 dari 2 halaman

Anies dan Emil Hadiri Kongres NasDem

Sepanjang kongres digelar, dua kepala daerah yakni Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tampak hadir. Kehadiran mereka bagi banyak pihak dianggap sebagai alarm akan dipinangnya pada Pilpres 2024 nanti.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengaku belum diajak membahas soal persiapan Pilpres 2024. Dia juga melihat langkah NasDem sejauh itu.

"Saya belum ada bahasan bahasan terlalu jauh. Saya sebagai Gubernur Jawa Barat sedang fokus di Jawa Barat. Sisa waktu 4 tahun saya ingin berprestasi, saya ingin memberikan harapan kepada rakyat Jawa Barat. Kalau ternyata positif diapresiasi Alhamdulillah. Tapi intinya itu tekad saya sekarang," tegas Emil.

Hal yang sama juga dikatakan Anies. Menurut Anies, kedatangannya ke Kongres mewakili warga Jakarta. Untuk diketahui, ini kali kedua Anies dan Paloh bertemu di hadapan publik.

"Ya kita menyambut atas nama warga Jakarta, Nasdem Kongres di Jakarta, ucapkan selamat datang selamat Kongres," ucap Anies.

2 dari 2 halaman

Jokowi Sindir Surya Paloh

Presiden Jokowi melontarkan candaan bernada sindiran terhadap Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Jokowi menyatakan wajah Surya Paloh dilihatnya kini lebih cerah dan tanpa beban.

"Wajahnya cerah setelah beliau berangkulan dengan Pak Sohibul Iman, saya tidak tahu maknanya apa," ucap Jokowi sambil terkekeh saat berpidato di HUT Golkar ke-55 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu 6 November 2019.

Jokowi menilai pertemuan antara Surya dan Sohibul sangat cair. Dia sendiri tidak mengetahui arti dari pertemuan tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melihat, rangkulan Surya kepada Sohibul harmonis. Dia pun mengaku belum pernah merasakan rangkulan Surya. Jokowi menyatakan, dirinya berhak menyinggung soal pertemuan Surya di Markas PKS lantaran Nasdem berada dalam koalisi pemerintahan.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
NasDem Diprediksi akan Jadi 'Bad Boy' di Koalisi Jokowi-Ma'ruf
Janji Politik Surya Paloh
Surya Paloh Tersanjung Kembali Dipercaya Jadi Ketum NasDem
Ekspresi Rio Capella yang Kecewa NasDem Jadi Restoran Politik
Ketua DPP Tertawakan Rio Capella yang Nilai NasDem Jadi Restoran Politik
Ketika Kekecewaan Rio Capella 'Dibungkam' Bendahara Umum DPP Partai NasDem
Ridwan Kamil Ditanya Soal Kans Maju Pilpres 2024: Masih Jauh, Belum Saatnya

[lia]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini