Mahfud MD: Saya tidak ingin jadi presiden

Kamis, 19 April 2018 12:51 Reporter : Hari Ariyanti
Mahfud MD: Saya tidak ingin jadi presiden Mahfud MD di KPK. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD kerap disebut-sebut sebagai calon pemimpin potensial yang bisa ikut bertarung dalam Pilpres 2019. Nama Mahfud juga digadang-gadang layak menjadi pendamping capres Joko Widodo (Jokowi) atau Prabowo Subianto.

Namun, Mahfud menyatakan ia tak ingin menjadi Presiden maupun Wakil Presiden. "Kalau saya ditanya selalu jawaban saya, saya tidak ingin. Tidak ingin jadi presiden. Tidak ingin tidak sama dengan tidak mau," jelasnya saat mengisi kuliah umum Kantor PARA Institute, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/4).

Ia melanjutkan jika memang ia ingin menjadi capres atau cawapres, ia pasti telah melakukan sosialisasi dengan memasang baliho di berbagai tempat. Termasuk juga mengundang wartawan dalam berbagai kesempatan. Tapi hal itu tak dilakukan.

"Kalau bilang tidak mau, enggak ada yang nawarin juga," kata dia.

Mahfud mengatakan yang berhak mencalonkan capres atau cawapres ialah parpol. Untuk posisi cawapres juga harus disepakati capres yang akan diusung parpol. Ia lebih jauh tak mau menjawab apakah bersedia menjadi cawapres jika ada parpol atau capres yang menawari.

"Keliru kalau saya menjawab. Jawaban saya pada yang nawari saja apakah saya mau atau tidak," selorohnya.

Jika ada parpol yang menawari, ia mengatakan tak akan langsung menerima. Tapi ia harus melihat bagaimana cara penawaran itu datang dan seperti apa tawaran itu. "Lalu saya ini disuruh apa. Jadi tidak bisa juga bilang siap kepada saudara, kan saudara enggak nawari apa-apa, hanya tanya," jelasnya.

Terkait nama capres yang kemungkinan akan bertarung pada Pilpres 2019 menurutnya bagus semua. Begitu juga dengan bakal cawapres.

"Bagus semua tokoh-tokoh yang ada. Jokowi bagus, Prabowo bagus juga, Gatot (Nurmantyo) bagus. Cawapres yang muncul bagus. Anies (Baswedan), Muhaimin (Iskandar), Airlangga (Hartarto), Rommy, mudah-mudahan jadi cawapres semua. Semua bagus, enggak ada yang jelek. Nanti ada prosesnya," ujarnya. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini