LSI Denny JA: Dukungan Jokowi Tak Pengaruhi Elektabilitas Capres 2024

Rabu, 23 November 2022 17:07 Reporter : Dedi Rahmadi
LSI Denny JA: Dukungan Jokowi Tak Pengaruhi Elektabilitas Capres 2024 Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 74,2 persen. Hal itu diketahui dari hasil temuan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby mengungkapkan kendati kepuasan terhadap Jokowi ini tinggi namun tidak mempengaruhi pilihan calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Publik juga merasa ekonomi memiliki daya tahan karena peran Jokowi. Tapi pilihan publik pada pasangan capres tak banyak dipengaruhi oleh Jokowi (di bawah dua persen)," tutur Adjie Alfaraby dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (23/11)..

Dia pun menjelaskan mengapa dukungan Jokowi mempengaruhi elektabilitas pasangan capres hanya di bawah 2 persen, padahal publik puas dengan kinerja Jokowi.

Hal itu, kata Adjie, pilihan publik kepada calon pasangan capres nisbi otonom, tidak banyak dipengaruhi oleh endorsement (dukungan) tokoh manapun.

"Bahkan, untuk kasus perpanjangan pemilu atau Jokowi 3 periode, walau mayoritas publik puas pada kinerja Jokowi, mayoritas publik menolak Jokowi 3 periode dan perpanjangan pemilu," ucap Adjie.

2 dari 2 halaman
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini