Lolos ke DPRD DKI, Politisi PSI Akan Berguru dengan Senior

Senin, 26 Agustus 2019 14:31 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Lolos ke DPRD DKI, Politisi PSI Akan Berguru dengan Senior caleg PSI terpilih Idris Ahmad. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Delapan caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil melenggang ke DPRD DKI Jakarta. Mereka siap menempati delapan posisi komisi di DPRD usai dilantik hari ini di ruang paripurna gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8).

"Kita delapan, jadi setiap komisi kami akan ada perwakilan," kata caleg PSI terpilih Idris Ahmad kepada wartawan di gedung DPRD.

PSI siap menjalankan jabatan wakil rakyat di Ibu kota. Idris tak khawatir bila ada pihak yang meremehkan kinerja kader PSI sebagai politisi baru. Dia mengaku, pihaknya sudah melakukan pelatihan selama sebulan mengenai pemerintahan, kebijakan publik dan sebagainya.

"Kami juga berkoordinasi bersama pengurus masih turun ke lapangan untuk menyerap aspirasi, jadi kami akhirnya fokus pada persiapan untuk kerja, pada akhirnya kami menjawab hal-hal tersebut dengan bukti kerja," tuturnya.

Partai besutan Grace Natalie ini ingin membangun standar baru di legislatif. Harapannya, kata Idris, masyarakat dapat menilai ada alternatif jauh lebih baik daripada selama ini yang dilakukan. PSI akan terbuka belajar dengan para politisi senior di DPRD.

"Nanti pada prinsipnya kami orang-orang baru sebagai anak muda, kami mau belajar dari senior-senior kami, tapi pada prinsipnya buka ruang komunikasi untuk belajar dan untuk mengkoordinasikan apa yang sama-sama kita ingin wujudkan," ucapnya.

Gebrakan yang dibawa PSI ada tiga hal. Mengenai masalah transparansi anggaran yang lebih efektif, masalah pengaduan masyarakat untuk menjadi kanal supaya bisa menerima dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Kemudian, masalah inklusifitas untuk kaum kaum yang selama ini termarjinalkan, disabilitas, perempuan, dan anak anak.

"Selama ini saat pengalaman blusukan kami mendapat masukan dari banyak pihak perlu di optimalkan lagi, dan transparansi proses perencanaan penganggaran bisa lebih efektif lagi, jadi hal hal itu yang kami kritisi dan fokus kerja kami," ucapnya.

"kami akan mengoptimalkan transparansinya dan efektivitasnya, kemarin kan belajar dari kasus pin emas, beberapa kasus seperti formula E dan sebagainya," tambah Idris.

Partai berlogi bunga mawar merah ini akan lebih kritis kepada pemerintahan Gubernur DKI Anies Baswedan. "Pada prinsipnya kita menjalankan tugas DPRD-nya, lebih kritis, lebih tajam untuk bagaimana sama-sama membangun Jakarta," katanya.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Menteri Favoritmu, Mana yang Layak Dipertahankan? Klik disini [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini