LIPI Jelaskan Keuntungan PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah Lebih Awal & Bergelombang

Kamis, 13 Agustus 2020 21:03 Reporter : Merdeka
LIPI Jelaskan Keuntungan PDIP Umumkan Calon Kepala Daerah Lebih Awal & Bergelombang PDIP umumkan calon kepala daerah di Pilkada 2020. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah dalam tiga gelombang untuk Pilkada 2020. Totalnya ada 169 rekomendasi.

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti menilai dengan mengumumkan lebih awal, PDIP punya waktu yang lebih banyak untuk memetakan strategi pemenangan, pemetaan konstituen, menentukan metode kampanye, dan hal lainnya dengan tepat.

"Jika waktu ini dimanfaatkan untuk mematangkan strategi partai memenangkan para calon, maka PDIP berpeluang menjadi juara umum dalam pilkada besok," kata Aisah saat dikonfirmasi, Kamis (13/7).

Langkah PDIP tersebut juga dinilai menunjukkan kesiapan partai berlambang banteng moncong putih itu di Pilkada. "Hal ini menunjukan kesiapan dan kerja partai terlihat lebih rapi dalam menjalankan proses rekrutmen dan seleksi secara internal," kata

Dia menuturkan, kesiapan tersebut bukan saja saat partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mengumumkan hasil dukungannya, tapi sejak pendaftaraan calon sampai seleksi internal.

"Kelihatan dari beberapa bulan sebelumnya yang memperlihatkan kalau PDIP membuka pendaftaran bagi calon, pengurus partai di tingkat daerah menjalankan mekanisme seleksi internal, dan lainnya," tutur Putri.

Putri menjelaskan, hal tersebut juga menunjukkan kepercayaan tinggi dan keinginan besar PDIP untuk menang pada pilkada tahun ini. "PDIP dapat dikatakan mengawal calon pilihannya sendiri dan tidak sekedar ikut-ikut mendorong calon partai lain yang sudah terbentuk. Dalam konteks ini, meskipun tentu saja banyak calon PDIP diusung bersama dengan partai lain, tetapi PDIP menjadi partai pengusung utama calon atau setidaknya yang paling awal mengusung calon," ungkap Putri.

Baca Selanjutnya: Untuk diketahui sebanyak 270 daerah...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PDIP
  3. Pilkada Serentak 2020
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini