Lingkungan Hidup dan Energi jadi Fokus Jokowi di Debat Capres Kedua

Selasa, 12 Februari 2019 09:32 Reporter : Nur Habibie
Lingkungan Hidup dan Energi jadi Fokus Jokowi di Debat Capres Kedua Pasangan Capres Berpelukan Saat Debat Pertama. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga mengatakan pihaknya akan fokus pada tema lingkungan dalam debat capres kedua. Debat capres kedua ini bertema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

"Yang pasti lingkungan hidup iya (yang jadi unggulan), sekarang banyak adanya hutan sosial, itu bagaimana lingkungan hidup di manfaatkan," kata Arya di Froyer Ballroom Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat, Senin (11/2).

Selain lingkungan hidup, Joko Widodo (Jokowi) juga akan memfokuskan terhadap tema energi. Terlebih dalam masalah Freeport yang ada di Papua.

"Itu salah satu (lingkungan hidup), yang akan jadi unggulan kita. Energi juga ya, seperti Freeport diambil, Mahakam diambil, itukan semakin jelas, dalam arti dikuasai bangsa kita, itu jadi keunggulan kita juga," ujarnya.

Bukan hanya itu, Jokowi juga akan menawarkan beberapa program terbaru yang nantinya dilakukan pada periode kedua kepemimpinannya jika kembali terpilih.

"Nanti misalnya khusus di bidang teknologi internet dan sebagainya. Nanti ada sesuatu hal yang positif, ada beberapa hal yang kita unggulkan juga soal energi terbarukan," ucapnya.

Jelang debat nanti, dia juga mengaku terus melakukan diskusi bersama Jokowi. Diskusi itu salah satunya untuk memberikan materi-materi dari para tim ahli yang sesuai tema pada debat kedua pilpres.

"Ada beberapa dari LSM, kita enggak mungkin kasih yau. Ada dari lingkungan hidup, baru LSM yang fokus pada hutan sosial," ungkapnya.

"Pasti ada juga dari KSP, dari kementrian pasti terlibat, KSP pasti terlibat, kemudian LSM-LSM yang kita ajak, dari civil society kita ajak juga dalam penyiapan tim materi," sambungnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini