Lemsaneg: Jangan sampai perolehan suara Pemilu 2014 diubah-ubah

Selasa, 24 September 2013 18:24 Reporter : Muhammad Sholeh
Ilustrasi pemilu

Merdeka.com - Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Djoko Setiadi menegaskan, lembaganya bakal ketat mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2014. Mulai dari perolehan di tingkat tempat pengambilan suara (TPS) hingga dikirimkan ke tingkat pusat.

"Jadi, nanti semua perolehan hasil dari TPS itu kami kirim melalui jalur yang paling aman. Tidak akan disadap, dihack, dimanipulasi, dan diubah-ubah. Karena jumlah itu penting sekali," kata Djoko usai penandatangan MoU dengan KPU, Jakarta, Selasa (24/9).

Dengan demikian, Djoko melanjutkan, hasil perolehan suara di tingkat paling bawah, yakni TPS, harus sama dengan suara ketika dihitung di tingkat pusat. "Itu yang kita jaga," ujarnya menegaskan.

Adapun bentuk-bentuk pengamanan yang akan dilakukan Lemsaneg, lanjut Djoko, mulai dari perolehan suara, keakuratan dan keamanan data, video, dan kecepatan pendistribusian hingga ke tingkat pusat.

Menurut Djoko, keamanan surat suara C1 merupakan bagian keamanan fisik yang tidak bisa dipisahkan dan harus tetap dijaga.

"Itu masuk pengamanan fisik, kami mengutamakan konten dari titik ke titik (TPS). Supaya surat suara tidak digandakan sebelum pemungutan suara, tentu pada saat menggandakan itu dijaga secara fisik," tuturnya. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2014
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.